+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 24/02/2017
 LATEST TWEETS   

Kwarnas Gerakan Pramuka Akan Terbitkan Jurnal ilmiah Pendidikan Kepramukaan

IMG-20151205-WA0007
IMG-20151205-WA0008

Kwarnas Gerakan Pramuka akan menerbitkan jurnal ilmiah pendidikan kepramukaan. Marbawi, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama (Renbangma) menjelaskan, banyak sekali kegiatan kepramukaan yang dilakukan, namun sedikit sekali yang dituliskan secara akademis. Padahal, di dalamnya mengandung filosofi yang dalam bagi generasi mendatang”.  “Ini bagian dari transformasi Gerakan Pramuka yang digagas oleh Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault, yang kedua Jurnal Ilmiah ini juga akan menjadi  saluran bagi seluruh anggota Pramuka untuk menuangkan pemikirannya”, jelas Marbawi di Taman Rekreasi Wiladatika (TRW), Cibubur, Jakarta, pada Sabtu siang (5/11/2015)

Menurut Marbawi, Indonesia tidak boleh hanya dikenal dengan anggota pramuka terbanyak, tapi juga harus dikenal dengan penyumbang artikel ilmiah terbanyak tentang kepramukaan. Kwarnas Gerakan Pramuka juga akan mengupayakan kerjasama dengan Forum Rektor Indonesia (FRI). Ilmu kepramukaan diupayakan jadi mata kuliah dasar umum di perkuliahan, tentu saja dengan persetujuan Kemendikti sebagai pihak yang berwenang. “Awal tahun 2016, jurnal ilmiah kepramukaan kita pastikan terbit, ini jangka pendek, sedangkan untuk jangka panjang, Indonesia harus punya Universitas Gerakan Pramuka”, lanjut Marbawi.

Sementara itu, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd (Guru Besar Universitas Negeri Surabaya) memaparkan, sudah banyak karya-karya ilmiah di bidang pendidikan kepramukaan yang layak diterbitkan untuk jurnal ilmiah, dan kami siap mendukung program Kwarnas, khususnya Pusat Penelitian dan Pengembangan Tingkat Nasional (Puslitbangnas) dalam penerbitan ini. “Melihat semangat forum ini, saya optimis jurnal ilmiah kepramukaan akan sustain”, tambah Prof. Dr. Suyatno yang telah menulis 29 buku tentang kepramukaan.

Ide jurnal ilmiah ini muncul sejak awal kepengurusan Kwarnas 2013-2018dan dikaji secara mendalam pada kegiatan peningkatan kapasitas pengelola litbang data dasar anggota gerakan pramuka serta lokakarya pengkajian, penelitian dan pengembangan gerakan pramuka. Kegiatan ilmiah ini berlansung sejak jumat hingga Sabtu siang ini (05/11). Hadir dalam kegiatan ini pelatih/pembina serta andalan-andalan nasional Gerakan Pramuka.(hws/kwarnas)

Rombongan dari Pramuka Arab Saudi adalah Ali Al Ali Abdul Azis, Muhammad, dan Abu Sulton Abdul Azis. Mereka diterima Andalan Nasional bidang Hubungan Luar Negeri (Hublu) Kak Brata Tryana Hardjosubroto dan Kak Indoreyano, serta sejumlah staf Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Gedung Kwarnas, Jalan Merdeka Timur No. 6 Jakarta Pusat, Jum’at (27/1/2017). (Foto: Nurul/Humas Kwarnas)

Pramuka Arab Saudi Berkunjung ke Kwarnas

By kwarnas / Januari 27, 2017 / 0 Comments
Kak Adhyaksa usai melantik Kak Alex sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumsel di Griya Agung Rumah Dinas Gubernur, Palembang Kota, Jumat (27/1). ‎

Kak Adhyaksa Dault Puji Potensi Pramuka Sumsel 

By kwarnas / Januari 28, 2017 / 0 Comments