+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 24/02/2017
 LATEST TWEETS   

PERKUAT GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WADAH PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA

PERKUAT GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI WADAH PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA

Negara Indonesia adalah negara kepulauan , dan bangsa Indonesia terbentuk dari ratusan suku bangsa dengan bahasa, adat istiadat, kepercayaan dan agama yang berbeda. Negara dan bangsa yang seperti ini hanya dapat dipertahankan, jika seluruh masyarakat Indonesia bersatu mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tekad seperti ini harus ditanamkan sejak usia muda.salah satu wadah yang dapat menguatkan mental nasionalisme adalah gerakan pramuka

Semua kegiatan yang adakan  oleh gerakan Pramuka memiliki  unsur kepemimpinan, kerjasama, ketrampilan, kompetisi, dan kepedulian baik pada Sang Pencipta, pada sesama maupun pada alam dan lingkungan, Unsur-unsur ini menyatu dan berkesinambungan untuk membentuk karakter generasi bangsa Indonesia yang mempunyai mental nasionalisme tinggi. Oleh karena itu,  yang merupakan tugas Gerakan Pramuka saat ini adalah menjadi dambaan semua pihak agar  Gerakan Pramuka dapat menggalang sikap dan semangat persaudaraan dan persahabatan diantara sesama anggota Pramuka, sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara seperti yang telah tertuang dalam visi Gerakan Pramuka yakni “Gerakan Pramuka sebagai wadah pilihan utama dan solusi handal masalah-masalah kaum”.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter generasi bangsa terus mengembangkan berbagai langkah-langkah strategis dan kegiatan kepramukaan yang dapat membangun keharmonisan, kerukunan dan kesetiakawanan bahkan kasih sayang diantara sesama kaum muda. Langkah strategis yang dapat di kembangkan antara lain :

  1. Memantapkan Sistem Among sebagai landasan Metode Kepramukaan.
  2. Mengembangkan permainan edukatif, yang rekreatif, menantang, menarik dan bermanfaat sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kaum muda serta kebutuhan masyarakat.
  3. Mengembangkan model-model permainan serta mensosialisasikan permainan tersebut di dalam media cetak dan media elektronik.
  4. Menjadikan Bumi Perkemahan sebagai kampus Gerakan Pramuka.

Apabila langkah-langkah strategis yang diuraikan diatas diterapkan dalam Mengupayakan Gerakan pramuka  sebagai ujung tombak organisasi yang dapat berfungsi sebagai wadah pembentukan karakter generasi bangsa, maka yang kita harapkan dapat terwujud. Selain langkah strategis tersebut hal lain  yang dapat dilakukan dalam kepramukaan adalah  Kecermatan dalam memilih materi pendidikan yang tepat dan penerapan Metode Kepramukaan yang akurat,hal tersebut  menjadi kunci penting dalam menjamin tercapainya tujuan pendidikan kepramukaan yang berdampak positif terhadap peningkatan semangat bela negara, patriot pembangunan, dan perekat bangsa bagi generasi muda.

contoh yang tepat dalam pemilihan materi dan metode kegiatan yang tepat seperti dilaksanakannya program Pramuka Peduli yang pada saat ini telah menjadi bagian dari program kepanduan dunia. Untuk Indonesia, pelaksanaan program Pramuka Peduli dinilai sangat relevan. Banyak anggota masyarakat yang kehidupannya masih jauh dari memuaskan dan Indonesia merupakan negara rawan bencana, yang masih memerlukan banyak bantuan. Bagi Gerakan Pramuka pelaksanaan program Pramuka Peduli juga merupakan pembelajaran yang baik bagi generasi bangsa  sekaligus dapat meningkatkan citra Gerakan Pramuka. Untuk memaksimalkan gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter   dapat dilakukan dengan lebih memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, yaitu nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong menolong, gotong royong, bertanggung jawab, displin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

 Keberhasilan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka tidak hanya  penting bagi Gerakan Pramuka, tetapi juga bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka adalah nilai-nilai dasar yang harus dimiliki oleh segenap anggota, yang apabila telah terpatri dalam hati dan sanubari, akan berperan besar dalam membentuk karakter masyarakat, bangsa ,dan negara yang didambakan pada masa depan.Sehingga Trisatya dan Dasa Darma dapat diamalkan secara sungguh-sungguh. Inti dari Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka adalah semangat, tekad, kode etik termasuk pesan-pesan moral dan spiritual. Tekad, semangat, kode etik serta pesan-pesan tersebut bukan hanya harus dijunjung tinggi, melainkan harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari baik secara pribadi maupun secara bersama-sama dalam satu kelompok.

Oleh: Kak Tonci Yason Rafael

Rombongan dari Pramuka Arab Saudi adalah Ali Al Ali Abdul Azis, Muhammad, dan Abu Sulton Abdul Azis. Mereka diterima Andalan Nasional bidang Hubungan Luar Negeri (Hublu) Kak Brata Tryana Hardjosubroto dan Kak Indoreyano, serta sejumlah staf Kwartir Nasional Gerakan Pramuka di Gedung Kwarnas, Jalan Merdeka Timur No. 6 Jakarta Pusat, Jum’at (27/1/2017). (Foto: Nurul/Humas Kwarnas)

Pramuka Arab Saudi Berkunjung ke Kwarnas

By kwarnas / Januari 27, 2017 / 0 Comments
Kak Adhyaksa usai melantik Kak Alex sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumsel di Griya Agung Rumah Dinas Gubernur, Palembang Kota, Jumat (27/1). ‎

Kak Adhyaksa Dault Puji Potensi Pramuka Sumsel 

By kwarnas / Januari 28, 2017 / 0 Comments