+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 23/03/2017
 LATEST TWEETS   

Kwarda Sulsel Lantik Mabigus Universitas Negeri Makassar

Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka UNM Gugus Depan Kota Makassar 08.095-08.096 dilantik secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang juga Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si., MH (Foto: Humas Kwarnas)

Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka UNM Gugus Depan Kota Makassar 08.095-08.096 dilantik secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang juga Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si., MH (Foto: Muh Ilham Bakhtiar)

PRAMUKA.OR.ID, MAKASSAR – Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, M.TP selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka UNM Gugus Depan Kota Makassar 08.095-08.096 dilantik secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Selatan yang juga Ketua Kwartir Daerah Sulawesi Selatan Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH. M.Si., MH bersama 61 Mabigus yang lain pada tanggal 10 januari 2017 di gedung phinisi UNM LT 2.

Prof. Husain Syam selaku Ka. Mabigus Gudep Pramuka UNM menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka merupakan pendidikan formal yang harus dijalankan, karena itu pelantikan dan pengukuhan hari ini merupakan semangat baru dalam berpramuka.

“Pengukuhan oleh Ketua Kwarda Pramuka Sulsel hari ini telah melahirkan gelora semangat baru. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak membimbing dan mengarahkan adik-adik yang ada di gugus depan UNM 08.095-08.096 Racana Ranggong Dg Romo dan Opu Dg Risaju,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Prof. Husain juga menyampaikan selamat kepada peserta kursus mahir tingkat dasar PPG-SM3T. Menurutnya, kegiatan ini akan melengkapi pengetahuan mereka sebagai pendidik yang disiapakan untuk pendidikan di masa depan.

Sementara itu, Syahrul Yasin Limpo ketika membuka kursus kegiatan Pramuka mengungkapkan bahwa Pramuka merupakan gerakan strategis yang mampu memberikan sumbangsih positif kepada negara yang saat ini membutuhkan perhatian dari anak bangsa.

“Untuk itu, dengan keadaan negara kita saat ini saya berharap kepada adik-adik anggota Pramuka ikut mengambil peran dalam menjaga alam kita yang luasnya luar biasa ini,”  ungkapnya.

Ia menambahkan, Pramuka merupakan bagian dari bangsa yang mampu mengajarkan kita solidaritas, etika, hormat, disiplin, kebersamaan hingga menjaga alam. “Bukan hanya kebersamaan dan disiplin saja. Pramuka juga mengajarkan kita bagaimana mengubah mental dan membentuk karakter yang tangguh,”  tutupnya.

Kegiatan ini dirangkaikan dengan Orientasi Mabigus dan Pembukaan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Tahun 2017 bagi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru-Sarjana Mengajar di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (PPG-SM3T) Universitas Negeri Makassar, yang diikuti 244 mahasiswa PPG-SM3T dari berbagai daerah dan berjalan mulai 09 -15 Januari 2017 (10/1/2017).

Pelaksanaan KMD PPG SM3T ini terbagi atas 2 sesi yaitu indoor dan outdoor. Indoor sebagai sesi pemberian materi yang dilaksanakan di aula gedung phinisi LT 2 selama 4 hari dan dilanjutkan kegiatan Outdoor selama 3 hari di ATKP (akademik teknik keselamatan penerbangan) Kabupaten Maros.‎ (HA/Humas Kwarnas)