+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 17/01/2017
 LATEST TWEETS   

Pramuka Promosikan Pencak Silat di Jambore Selandia Baru

Foto: Youtube screenshot

Foto: Youtube screenshot

PRAMUKA.OR.ID, SELANDIA BARU – Sebagai wujud cinta tanah air sekaligus promosikan budaya Indonesia di mata Internasional, sebanyak 19 anggota Pramuka tingkat penggalang yang mewakili Indonesia di Jambore Nasional Selandia Baru ke-21 menampilkan atraksi Pencak Silat di malam internasional, di Renwick Sport and Events Centre, Renwick, Selandia Baru, Selasa (3/1/2017).

Berdasarkan gambar video kiriman dari Humas Kwarnas, Kak Nurul Hidayah, kontingen Indonesia terlihat penuh percaya diri saat mengenakan pakaian kuning keemasan khas Sumatra Barat dan kacu merah putih. Kemudian mereka menampilkan jurus-jurus silat mulai dari pukulan, tendangan, tangkisan hingga jurus mengunci lawan. Mereka juga menampilkan atraksi tarian kipas dan tongkat yang dipadukan dengan gerakan silat sehingga terlihat anggun dan menawan.

Otomatis kekompakan dan penampilan kontingen indonesia itu mendapat tepuk tangan meriah dari seluruh peserta Jambore Selandia Baru yang hadir termasuk apresiasi dari Plt Kepala KBRI di Wellington, bapak Firdauzie Dwiandika.

“Mereka adalah Duta Indonesia. Jadi, kita minta kepada adik-adik Pramuka yang di sana untuk mempromosikan budaya Indonesia. Kita juga pesan jaga ibadahnya, jaga kesehatan, jaga kekompakan, dan perkenalkan Gerakan Pramuka,” kata Wakil Ketua Kwarnas Bidang Binawasa, Kak Susi Yuliati, sekaligus Plt Waka Kwarnas Bidang Hubungan Luar Negeri.

Diketahui, kegiatan Jambore Selandia Baru ke-21 dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2016-7 Januari 2017 di Renwick Sport and Events Centre, Renwick, New Zealand. Acara ini akan diisi dengan beragam kegiatan luar ruangan (out door) menarik, seperti halang rintang, olahraga air, festival budaya, dan lain-lain.

Kwarnas Gerakan Pramuka mengirimkan delegasi sebanyak 19 anggota Pramuka dari SMP Labschool Kebayoran, Jakarta. Rinciannya ialah 5 orang penggalang putri, 1 pembina putri, 12 penggalang putra, dan 1 pembina putra.

“Pesan KA Kwarnas jika bertemu dengan teman yang ikut bergabung dengan negara lain jangan minder, jaga kerapihan dan ketertiban, ikuti kegiatan dengan baik, carilah teman sebanyak-banyaknya,” ujar Kak Susi Yuliati. (HK)