+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 27/03/2017
 LATEST TWEETS   

Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan Ketua Pramuka se Kawasan Asia Pasifik ke 9, Ini Persiapan Kwarnas

Kak Susi Yuliati, Waka Kwarnas Bidang Binawasa memimpin Rapat Persiapan 9th Asia Pacific Regional Leaders Summit, 22-25 April 2017 di Bali. (Foto: Kak Sis)

Kak Susi Yuliati, Waka Kwarnas Bidang Binawasa memimpin Rapat Persiapan 9th Asia Pacific Regional Leaders Summit, 22-25 April 2017 di Bali. (Foto: Kak Sis)

PRAMUKA.OR.ID, JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengelar rapat persiapan 9th Asia Pacific Regional Leaders Summit (APLRS) atau Pertemuan Ketua Pramuka se Kawasan Asia Pasifik ke 9, di Gedung Kwarnas, Gambir, Jakarta Pusat. Pertemuan ini akan berlangsung di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, 22-25 April 2017.

“Persiapan yang sudah dilakukan antara lain akomodasi, transportasi, persidangan, wisata edukasi. Kwarnas dalam hal ini bekerjasama dengan Kwarda Bali.” kata Waka Kwarnas Bidang Binawasa Kak Susi Yuliati saat dihubungi, Jumat (17/2/2017).

Kak Susi menjelaskan, acara APR di Bali akan dihadiri 26 negara yang memiliki organisasi Pramuka. Pertemuan ini diadakan setiap 3 tahun sekali untuk mempersiapkan masukan bagi World Scout Conference (Konferensi Kepramukaan Dunia).

Pertemuan ini diikuti para Ketua Kwarnas masing-masing negara, Waka Hublu, dan Sesjen dari NSO’s Aspac Region.

Adapun materi yang akan dibahas dalam pertemuan ini antara lain isu penting menyangkut perkembangan dan inovasi pendidikan kepramukaan, program kegiatan peserta didik yang diarahkan kepada kepemimpinan kaum muda dan anggota dewasa dalam Kepramukaan

Kemudian Safe from Harm, dampak sosial, keragaman budaya dan inklusi governance / tata kelola organisasi dan fee sistem, dan lainnya. Semua materi disiapkan oleh APR Support Centre. Sebagai tuan rumah Gerakan Pramuka memfasilitasi pertemuan tersebut.

“Persiapan lain, Kwarda Bali mengatur perjalanan wisata edukasi ke Margarana, Tanah Lot, Penanaman mangrove dan pelepasan tukik di pantai Sanur.” ujar Kak Susi.

Sebelumnya, Ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault dalam rapim yang digelar di Gedung Kwarnas beberapa waktu lalu mengatakan ada tiga agenda penting yang akan dibuat pada tahun 2017. Tiga agenda penting yang harus disiapkan secara matang oleh Kwarnas, yakni Raimuna Nasional (Rainas) ke 11 , Rapat Kerja Nasional‎ dan Asia-Pasific Regional Scout Leader Summit (APRS) atau pertemuan Ketua Pramuka se-Asia Pasifik, di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur, Denpasar, Bali, 22-25 April 2017.

Sebagai tuan rumah, Kak Adhyaksa minta semua dipersiapkan dengan baik. Ia juga berharap kegiatan ini nantinya bisa menghasilkan sebuah pikiran-pikiran baru yang bisa bermanfaat untuk Pramuka di Indonesia dan dunia.

“Ini karena Pramuka punya kontribusi besar dalam pembangunan karakter anak bangsa,” jelasnya. ‎

Selain jadi tuan rumah, pada pemilihan anggota pengurus Komite Kepramukaan Kawasan Asia-Pasifik yang berlangsung di Kimdaejung Convention Center, Gwangju, Korea, tahun lalu. Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bidang Hubungan Internasional, Kak Ahmad Rusdi, terpilih menjadi anggota komite.

“Insya Allah, dengan dukungan teman-teman, saya akan mengharumkan nama baik bangsa dan negara serta Gerakan Pramuka,” ujar Kak Ahmad Rusdi. (HK)