+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 27/03/2017
 LATEST TWEETS   

Keterangan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tentang Pelaksanaan Kegiatan Di Bumi Perkemahan Cibubur

Bumi Perkemahan Cibubur (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Bumi Perkemahan Cibubur (Foto: jakarta.panduanwisata.id)

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka. Terkait adanya pemberitaan di beberapa media tentang “Kekisruhan Jambore Nasional Mahasiswa di Bumi Perkemahan Cibubur”, maka dengan hormat Kwartir Nasional Gerakan Pramuka perlu memberikan keterangan sebagai berikut:

Pertama, bahwa kegiatan tersebut bukan kegiatan kepramukaan dan bukan kegiatan yang diadakan oleh Gerakan Pramuka, meskipun menggunakan istilah yang terkait dengan kepramukaan, yaitu kata “Jambore”. Gerakan Pramuka tidak terkait apapun terhadap kegiatan tersebut atau isu yang diusung dari kegiatan tersebut.

Kedua, Bumi Perkemahan Cibubur adalah unit usaha yang memang disediakan seluas-luasnya untuk kepentingan bersama, kedalam maupun keluar secara profesional.

Demikian penjelasan dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Terima kasih kami haturkan atas kerjasamanya. Wassalamualaikum Wr.Wb. Salam Pramuka

Jakarta, 6 Februari 2017
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,
Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si.

  • Sepertinya perlu ada penegasan dalam hal penggunaan istilah, begitu juga atribut kepramukaan. Seperti pada penggunaan hasduk yang sering disalahgunakan sebagai ikat kepala / lengan (meskipun niatnya untuk menyatakan rasa nasionalisme) namun perlu adanya tindakan tegas dari GP agar hal2 yang berbau Pramuka tidak lagi disalahgunakan dan untuk menghindari terulangnya kejadian seperti ini.

    Saya harap hal ini diperhatikan dan dievaluasi oleh kakak2 admin pramuka.or.id agar dapat dipublikasikan dalam bentuk artikel sehingga anggota GP khususnya dan masyarakat umumnya menyadari bahwa kita memiliki identitas yang tidak bisa digunakan seenaknya saja. Terima kasih.