+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 27/03/2017
 LATEST TWEETS   

Kwarcab Banyumas Lantik 60 Anggota Pramuka Siaga ‎

Foto: Dok. Humas Kwarcab Banyumas

Foto: Dok. Humas Kwarcab Banyumas

PRAMUKA.OR.ID , PURWOKERTO – Sebanyak 60 anggota Pramuka Siaga dari beberapa Gugus Depan yang ada di Kwartir Cabang Banyumas dilantik menjadi Pramuka Garuda Hijau (Pramuka Siaga Garuda) oleh Kak Akhmad Supartono  selaku Ketua Kwartir Cabang Banyumas di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka Kwarcab Banyumas Sabtu (11/3/2017).

Kak Achmad Supartono mengatakan, bahwa  Pramuka Siaga Garuda ini adalah tingkatan tertinggi pada jenjang Pramuka Golongan Siaga. Dengan mengucapkan janji Dwi Satya ini diharapakan, peserta didik mampu menjadi teladan bagi diri sendiri, sahabat dan lingkungannya, serta mampu menjaga kehormatan Pramuka. ‎

 “Pembinaan mental generasi muda tidak hanya lewat gerakan pramuka,  akan tetapi peran orang tua juga harus bisa menjadi pembina dirumah. sehingga proses pendidikan Kepramukaan dapat diselenggarakan secara berkelanjutan tidak hanya di Gugus depan,” ujarnya.

Kegiatan seleksi dan pelantikan Pramuka Garuda adalah program rutin yang diadakan oleh Kwarcab Banyumas, diawal tahun 2017 ini, pihaknya sudah melaksanakan untuk golongan siaga. Sedangkan untuk golongan penggalang , penegak dan Pandega sudah masih dalam proses.

“Kedepannya anggota pramuka garuda yang sudah dilantik ini akan kita ikut sertakan dalam program Pramuka Garuda Award di tingkat Kwarda,” jelas Kak Yudi Budianto  selaku Humas Kwarcab Banyumas.

Sementara itu, Kak Yeni orang tua dari Kak Helmy Priambudi Wicaksono   salah satu peserta yang dilantik sebagai Pramuka Garuda merasa bangga anaknya bisa aktif dan berproses di Pramuka. Ia percaya Pramuka bisa merubah pola pikir anaknya untuk menjadi pribadi yang berkarakter. ‎

“Saya sangat bangga dan senang melihat  anak saya dilantik menjadi Pramuka Garuda Siaga ini, terimaksih kepada Kwarcab Banyumas yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan pada anak saya,” tuturnya.

“Sebagai orang tua saya akan selalu mendukung kegiatan positif ini, semoga para orang tua lain juga  ikut mendukung kegiatan kepramukaan ini,”  sambung Kak Yeni. ‎‎

Diketahui, acara pelantikan Pramuka Garuda Golongan Siaga ini dimulai sekitar pukul 14.00 WIB diikuti oleh 60 calon Pramuka Garuda Siaga dari beberapa Kwartir Ranting di Kwarcab Banyumas. Sebelumnya mereka telah mengikuti seleksi dan ujian yang dilaksanakan pada 21 Januari 2017.‎ (Humas Kwarcab Banyumas)