+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 27/03/2017
 LATEST TWEETS   

Kwarda Jateng Adakan Pelatihan Jurnalistik ‎

Kwarda Jateng saat mengadakan Pelatihan Jurnalistik . | Foto: Dok. Humas Kwarda Tegal

Kwarda Jateng saat mengadakan Pelatihan Jurnalistik . | Foto: Dok. Humas Kwarda Jawa Tengah

SEMARANG, PRAMUKA.OR.ID – Atmosfer bahwa ‘Setiap Pramuka adalah Kantor Berita’ sudah semakin dirasakan di berbagai daerah. Anggota Pramuka mulai aktif untuk belajar membuat konten-konten positif, baik berupa foto, video, artikel atau berita untuk disebarkan di media sosial masing-masing, atau melalui website resmi miliki kwartir daerah.

Bahkan sebagian dari mereka sudah mulai mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik. Seperti yang dilakukan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah. ‎Sebanyak 30 orang  Andalan Cabang Bidang Humas Abdimas , DKC  dan DKD utusan dari  Kwartir Cabang yang ada di Kwarda Jateng ikut dalam kegiatan ini, 17-18 Maret 2017. ‎

Wakil Ketua Bidang Humas Abdimas Kwartir Daerah Jawa Tengah Kak Joko Sutrisno  mengatakan, dalam dunia digital ini, anggota Pramuka dituntut untuk bisa menyesuaikan jaman, mengunakan digital sebagai alat untuk mengembangkan Pramuka, caranya dengan pembuatan konten yang positif. ‎

“Mereka harus bisa menjadi leading dan dapat menyebarkan informasi yang baik di bidang kepramukaan  sehingga bisa menuntun dan menggerakan orang lain mengikuti apa yang ada di informasi tersebut ,” ujar Kak Joko di Puskepram, Pusdiklatda, Candrabirawa Gunung Pati, Semarang, Sabtu (18/3/2017).

Menurutnya, bidang humas‎ dalam setiap organisasi itu penting. Sebab, bidang ini menjadi corong informasi dari semua kegiatan organisasi. Karena itu, dengan pelatihan jurnalistik ini diharapkan bidang humas di setiap Kwarcab bisa lebih aktif, tidak hanya sekedar mendokumentasikan kegiatan, tapi bisa mengemas dan mengolahnya agar menjadi menarik.

“Harapan kami peserta pelatihan Jurnalistik ini bisa menjadi humas pramuka yang handal, karena mereka merangkap sebagai kantor berita maka mereka harus bisa menyebarkan informasi yang baik dan benar,” papar ketua panitia Kak Bagasto.‎

Sementara itu, Ketua Kwarnas  Kak Adhyaksa Dault mengapresiasi dengan banyaknya daerah yang saat ini aktif melakukan kegiatan pelatihan jurnalistik. Motto “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita” yang digagas oleh Kwarnas di masa kepemimpinannya memang harus dibumingkan di seluruh daerah agar Pramuka Indonesia berkembang.

“Saya lihat sekarang setiap Kwarda sudah punya website, juga setiap anggota Pramuka sudah punya banyak media sosial. Jadi ini bisa jadi alat bagi kalian untuk menjadikan ‘Setiap Pramuka adalah Kantor Berita.’ Semangat ini harus tetap ada, dan teruslah belajar,” ujarnya.

Diketahui, pelatihan jurnalistik ini diisi dengan beberapa materi seperti teknik fotografi, tata cara penulisan artikel serta reportase. Dengan narasumber dari Andalan Daerah Bidang Humas dan Abdimas Kwarda Jawa Tengah serta profesional.

Di tempat yang berbeda, Kwarda Lampung juga mengadakan Workshop, pelatihan Jurnalistik dan media Sosial dengan tema “Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi untuk Publikasi Gerakan Pramuka” ‎pada 18 Maret 2017. Bahkan di tempat-tempat lain sudah banyak yang mengadakan pelatihan dengan konsep “Kemah Jurnalistik” (HA/Humas Kwarnas)