+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 21/10/2018
 LATEST TWEETS   

Kwarran Kembaran Siap Borong Samir Kejuaraan

 Kwarnas  29 Agustus 2018  119 views

Foto: Dok. Humas Kwarcab Banyumas

BANYUMAS, PRAMUKA.OR.ID – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kembaran, Banyumas, siap memborong samir kejuaraan Lomba Kwarran Tergiat 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Kwarran Kembaran, Prasetija Rini, S.Pd saat Acara Penerimaan Tim Penilai Lomba pada Selasa, 28 Agustus 2018 di Sanggar Bakti Pramuka Kwarran Kembaran, Banyumas.

Prasetija mengatakan, pada Lomba Kwarran Tergiat Tahun 2017, Kwarran Kembaran meraih Samir Kejuaraan Juara 1 Bidang Bina Wasa dan Juara 3 Bidang Humas dan Abdimas. Pihaknya berharap bisa mempertahankan status juara di Lomba Kwarran Tergiat Tahun 2018 ini.

“Syukur-syukur bisa menambah atau bahkan bisa memborong 5 Samir Kejuaraan yang dilombakan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPK Sumbang, Sarno, selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Ranting Kembaran menjelaskan, tujuan Gerakan Pramuka adalah mewujudkan tingkah laku generasi muda yang berkarakter. Lomba Kwarran Tergiat hanya salah satu wahana untuk mewujudkan tujuan itu.

“Kalau Kwarcab Banyumas dinyatakan sebagai Juara Lomba Kwarcab Tergiat selama 31 Tahun, maka karakter anak-anak di Banyumas harus mencerminkan watak dan gerak seorang Pramuka sejati. Dan itu sudah terbukti. Tolok ukurnya adalah di Banyumas jarang terjadi demonstrasi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Lomba Kwarran Tergiat, Kak Umar Salim, menyatakan, Lomba Kwaran Tergiat bukan untuk inspeksi, tetapi untuk evaluasi kinerja Kwarran.

“Kalau bukti administrasi tidak ada ya tidak apa-apa. Sebab hanya memotret saja. Syukur bisa menjadi tempat saling konsultasi, saling asih, saling asah, dan saling asuh antara juri dan Kwarran. Ajang saling mendukung dan saling mengingatkan. Saling memberi dan saling menerima,” tegasnya. Ia menambahkan, penilaian lomba bersifat demokratis, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan.

” Hasil Lomba Kwarran Tergiat akan diumumkan pada Apel Besar Hari Pramuka Banyumas, tanggal 22 September 2018,” pungkasnya. (Humas Kwarcab Banyumas/AK)