Statistik Pengunjung

Online
6
Hari ini
189
Bulan ini
5,202
Semua
1,536,863
  • Selamat Atas Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Saka Pramuka Pariwisata Masa Bakti 2014-2019 oleh Kak Adhyaksa Dault, Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka pada Tanggal 4 Juli 2014 di Kantor Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
  • Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, mohon maaf lahir dan batin.
  • Dalam Rangka Hari Pramuka ke - 53 tahun 2014 Kak Adhyaksa Dault Mengajak Anggota Gerakan Pramuka Selfie Hari Ini Di Media Sosial (Facebook, Whatshap, bbm, path, dan lain-lain.....)

Nasional - 01 Mei 2013 - 07:45:49

Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma'arif NU akan Membentuk Gugus Satuan Komunitas

403340_NU.jpg

Jakarta (16/4), Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul bersama perwakilan Panitia Pusat dan Daerah Perkemahan Wirakarya Ma’arif NU Nasional (Perwimanas) diterima audiensi oleh Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka beserta jajarannya di Gedung Pramuka, Gambir, Jakarta Pusat.

Hadir dalam kesempatan ini Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan (PP LP) Ma’arif NU diwakili oleh HZ. Arifin Junaidi (Ketua), Zamzami, S.Ag., M.Si (Sekretaris), Drs. Ali Rahmat dan Drs. Wahyudin Ghazali (Wakil Sekretaris), Soleh Abwa, MA (Wakil Bendahara), dan beberapa pengurus bidang. Sedangkan dari Pengurus Wilayah LP Ma’arif NU diwakili oleh Ach. Muzakki, M. Ag., M.Phil., PhD, (Ketua), Drs. H. Abd. Mujib Hasyim (Wakil Ketua), M. Amin, M.Pd. (Wakil Sekretaris), dan Ali Mustofa, M.Pd. (Ketua Panitia Daerah), ditambah Perwakilan Panitia dari PC LP Ma’arif NU Jombang, yaitu S. Huda, M.Pd. dan Any Subagyo, M.Pd.

Dalam kesempatan ini, perwakilan dari PP dan PW LP Ma’arif NU beserta Panitia Perwimanas disambut oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof. DR. Dr. Azrul Azwar, M.P.H., Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Kerjasama, Laksamana TNI (Purn) Dr. Amoroso Katamsi, Sp.KJ,M.M, Wakil Ketua Bidang Usaha dan Kemitraan, Dra. Bray. Sri Hardani Hadikusumo, M.S dan Sekretaris Jenderal Kwarnas, Dr. Joedyaningsih SW, M.Sc (PH).

Ketua PP LP Ma’arif NU, HZ. Arifin Junaidi mengawali pertemuan dengan memaparkan disain kegiatan Perwimanas yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 29 Juni 2013 mendatang di Kabupaten Jombang. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan pentingnya keterlibatan organisasi Gerakan Pramuka, mulai dari tingkat nasional (Kwarnas), provinsi (Kwarda), dan kabupaten/kota (Kwarcab) pada kegiatan Perwimanas yang akan datang. “Maksud kedatangan kami adalah melakukan koordinasi agar Kwarnas beserta struktur organisasi di bawahnya bersinergi dengan LP Ma’arif NU dalam kegiatan Perwimanas ini,” ujarnya.

LP Ma’arif NU, lanjutnya, memiliki potensi yang sangat besar. Dengan 12 ribu satuan pendidikan yang dimilikinya, selama ini LP Ma’arif NU berperan besar dalam mensukseskan program-program kepramukaan yang dilaksanakan oleh Kwarnas, Kwarda, dan Kwarcab. “Organisasi kepramukaan di sekolah dan madrasah kami sangat massif. Bahkan untuk wilayah Jawa Timur, kegiatan perkemanahan sudah rutin kami laksanakan setiap tahun dengan melibatkan perwakilan gugus depan terbaik di masing-masing cabang. Untuk itu, karena kami menganggap ini sangat positif, maka pada tahun 2013 ini, untuk pertama kali kami menyelenggarakan di tingkat nasional,” tambahnya.

Merespon apa yang dipaparkan oleh Ketua PP LP Ma’arif NU, Ketua Kwarnas menyambut baik dan antusias kegiatan yang digagas oleh PP LP Ma’arif NU bersama struktur di bawahnya. Ketua Kwarnas juga menyatakan akan secara maksimal berpartisipasi dalam kegiatan Perwimanas tersebut. “Kami sangat mengapresiasi apa yang digagas oleh LP Ma’arif NU. Kami akan mengintruksikan kepada Kwarda dan Kwarcab terkait untuk membantu mensukseskan kegiatan ini. Bahkan saya minta teman-teman di daerah terlibat dalam kegiatan yang telah disusun panitia,” ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Kwarnas menghendaki LP Ma’arif NU agar membentuk Satuan Komunitas Pramuka untuk menghimpun seluruh gugus kepramukaan di lingkungan LP Ma’arif NU, mulai dari satuan pendidikan, cabang, wilayah, dan nasional. “Saya berharap kegiatan semacam ini diagendakan secara rutin. Bisa setiap 2 atau 3 tahun sekali. Untuk itu saya juga mengusulkan teman-teman LP Ma’arif NU membentuk Gugus Satuan Komunitas LP Ma’arif NU agar kegiatan kepramukaan di lingkungan LP Ma’arif NU berjalan secara sistematis dan terencana. Gugus Satuan Komunitas ini strukturnya mulai dari tingkat cabang, daerah (wilayah, red), dan nasional,” sarannya.

Merespon apa yang diusulkan Kwarnas, Ketua PP LP Ma’arif NU menyambut dengan semangat dan optimis jika LP Ma’arif NU bisa membentuk Satuan Komunitas yang dimaksud. “Satuan Komunitas LP Ma’arif NU akan kami usahakan sudah bisa dilaunching bersamaan dengan launching kegiatan Perwimanas pada bulan Mei 2013,” ujar HZ. Arifin Junaidi.

Seolah gayung bersambut, Ketua PW LP Ma’arif NU Jawa Timur, Ach. Muzakki, M. Ag., M.Phil., PhD juga menguatkan apa yang disampaikan oleh Ketua PP LP Ma’arif NU tersebut. Menurutnya, selama ini kegiatan gugus depan di setiap satuan pendidikan LP Ma’arif NU hidup dan berjalan dinamis. Sehingga bagi LP Ma’arif NU, tambahnya, membentuk Satuan Komunitas LP Ma’arif NU bukan sebuah pekerjaan yang berat. “Kita optimis bisa membentuk Satuan Komunitas LP Ma’arif NU sebelum kegiatan Perwimanas,” ujar Achmad Muzakki. (Fatkhu)

[Sumber: http://www.maarif-nu.or.id]

  • delicious
  • digg
  • facebook
  • google_buzz
  • reddit
  • stumble
  • twitter
  • rss
  • print
  • bookmark
  • email

Berikan Komentar


Nama :*
Email :*
Komentar :*
 
  (Masukkan 6 kode diatas* )

 


0 Komentar