Statistik Pengunjung

Online
4
Hari ini
2,659
Bulan ini
75,301
Semua
1,711,518
  • Selamat Atas Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing (Mabi) dan Pimpinan Saka Pramuka Pariwisata Masa Bakti 2014-2019 oleh Kak Adhyaksa Dault, Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka pada Tanggal 4 Juli 2014 di Kantor Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI
  • Dalam Rangka Hari Pramuka ke - 53 tahun 2014 Kak Adhyaksa Dault Mengajak Anggota Gerakan Pramuka Selfie Hari Ini Di Media Sosial (Facebook, Whatshap, bbm, path, dan lain-lain.....)

Daerah - 29 Jan 2014 - 07:42:12

BLH Sosialisasikan Pramuka Lingkungan Hidup

102697_BLH Sosialisasikan Pramuka Lingkungan Hidup .jpg

SLAWI - Keberadaan Satuan Karya Pramuka (SAKA) bidang Lingkungan Hidup yang diberi nama Saka Kalpataru di Kabupaten Tegal mulai disosialisasikan oleh instansi pengampunya yakni Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tegal bersama Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal. Sosialisasi berlangsung di ruang pertemuan DPPKAD, Selasa (28/1) kemarin dan diikuti oleh pembina Gudep tingkat SLTA di Kecamatan Slawi dan perwakilan pengurus Kwarran Pramuka se Kabupaten Tegal.

Sosialisasi dibuka Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR dan dihadiri Kepala BLH, Drs Agus Subagyo MM, Sekretaris BLH, Edi Buntoro SH, Waka Kwarcab Bidang Binamuda, Sonhaji S.Pd dan segenap anggota Mabisaka Kalpataru. Menurut Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Djoko Mulyono MKes MMR, keberadaan Saka Kalpataru  untuk memberi wadah pendidikan dan pembinaan bagi pramuka Penegak dan Pandega untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan dan teknologi serta keterampilan khususnya yang berkaitan dengan substansi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH) yang menjadi bekal penghidupannya untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

 

"Saka juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga memberi bekal kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan nasional dan peningkatan ketahanan nasional," katanya. Saka yang bergerak dibidang lingkungan hidup itu, kata dr Joko, bermula dari kesepakatan bersama antara menteri negara lingkungan hidup dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor : 17/menlh/11/2011 dan nomor : 014/pk-mou /11/2011 serta UU no.32 tentang pelaksanaan program dan kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH).

 

"Dan saat ini Saka Kalpataru sudah resmi disahkan pada Munas Pramuka 2013 lalu di Kupang, NTT dengan Keputusan Munas Nomor 13/Munas/2013," paparnya. Dr Djoko yang juga Direktur RSUD Slawi berharap, keberadaan Saka Kalpataru khususnya di Kabupaten Tegal akan eksis dan mampu memberikan warna dalam pembinaan kaum muda Indonesia. Selain itu, juga dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam bidang pelestarian lingkungan hidup.

"Mudah-mudahan Saka Kalpataru ini bisa punya program unggulan sesuai dengan krida yang ada, misalnya adanya Bank Sampah dan sebagainya," harapnya. Sementara itu, Kepala BLH Kabupaten Tegal, Drs H Agus Subagyo MM selaku Ketua Mabisaka menuturkan, kedepan Saka Kalpataru akan dibentuk dibeberapa Kwartir Ranting dan sekolah tingkat SLTA di Kabupaten Tegal. "Pada tahap awal kita bentuk Pinsaka Cabang, ditingkat Kwarran dan pangkalan SLTA di wilayah Slawi," jelasnya. Pasca sosialisasi, sambung Agus, pihaknya berencana menggelar perekrutan dan pelantikan anggota Saka Kalpataru secara massal dari anggota Pramuka Penegak atau setara SLTA.

"Kita rencanakan pelantikan anggota Saka sekitar akhir Februari ini di WKJ Kalibakung," pungkasnya.

[Sumber Berita : http://www.tegalkab.go.id

  • delicious
  • digg
  • facebook
  • google_buzz
  • reddit
  • stumble
  • twitter
  • rss
  • print
  • bookmark
  • email

Berita Lainnya
Berikan Komentar


Nama :*
Email :*
Komentar :*
 
  (Masukkan 6 kode diatas* )

 


0 Komentar