+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 21/10/2018
 LATEST TWEETS   

Penanganan Gempa Lombok, Pramuka Terlibat dari Awal sampai Akhir

 Kwarnas  29 September 2018  146 views

Foto: Dok. Humas Kwarnas

LOMBOK UTARA, PRAMUKA.OR.ID – Pramuka Peduli dari Kwartir Nasional (Kwarnas) dan sejumlah Kwartir Cabang termasuk Kwartir Cabang Lombok Utara terlibat dalam penanganan bencana gempa di Lombok sejak tahap awal sampai akhir. Kwarnas bahkan mendirikan posko bantuan Pramuka Peduli di Kecamatan Gangga.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Abdimasgana Kak Eko Sulistio menyatakan, totalitas Pramuka Peduli dalam penanganan bencana gempa di Lombok tidak perlu dipertanyakan. Mereka terlibat dari tahapan pertama, yakni evakuasi, kemudian tanggap darurat, sampai terakhir rehabilitasi dan rekontruksi.

“Pramuka total dalam penanganan bencana gempa di Lombok. Sudah tiga bulan mereka bertahan di tenda-tenda pengungsian, mereka terlibat dari proses evakuasi pencarian korban, proses tanggap darurat, pendistribusian bantuan, sampai rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujar Kak Eko di lokasi, Sabtu (29/9/2018).

Kak Eko menuturkan, saat ini proses yang dilakukan adik-adik Pramuka Peduli adalah tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Mereka membantu masyarakat untuk mendirikan hunian sementara berupa rumah, sekolah, dan juga tempat-tempat ibadah. Sebab proses evakuasi dan tanggap darurat sudah dinyatakan selesai oleh BNPB.

“Setelah proses evakuasi dan tanggap darurat selesai, sekarang kita fokus pada tahap akhir, yakni rehabilitasi dan rekonstruksi,” jelasnya.

Proses ini disebut paling lama, karena diketahui ada puluhan ribu rumah yang hancur, dan masyarakat masih bertahan di tenda-tenda pengungsian. Aktivitas ekonomi juga belum sepenuhnya pulih sehingga masyarakat masih banyak membutuhkan bahan bantuan. “Di proses ini tahapannya lama karena yang dibangun adalah rumah-rumah warga dan fasilitas umum,” jelasnya.

Meski sibuk pada proses rehabilitasi dan rekonstruksi, Posko Pramuka Peduli Kwarnas tetap menyediakan sejumlah bahan makanan dan kebutuhan pokok lain untuk mencukupi kebutuhan warga. Misalnya beras, mie instan, minyak, biskuit, gula, garam, susu, terigu, kecap, sarden, sirup, telur, peralatan mandi, selimut, baju, jaket, dan obat-obatan.

“Stok kebutuhan makanan dan kebutuhan pokok yang lain tetap kita sediakan di posko meski tanggap darurat sudah selesai. Distribusi akan kita berikan kalau ada asessment dan permintaan dari masyarakat,” jelasnya.

Dalam penanganan bencana ini, setidaknya ada 100 orang Pramuka Peduli yang terlibat di posko Kwarnas Gerakan Pramuka. Selain dari Kwarcab Lombok Timur, Kwarnas juga dibantu beberapa Kwarcab seperti, Pramuka Bekasi, Sukabumi, Cilacap, Banyumas, Semarang, Pasuruan, Surabaya. (HA/AK)