+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 18/11/2018
 LATEST TWEETS   

Sekilas Tentang Kak Rivai Harahap Kak Kwarnas 1998-2003

 Kwarnas  9 November 2018  248 views

Prosesi pemakaman Kak Rivai Harahap Kak Kwarnas 1998-2003 di TMP Kalibata Jakarta. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kabar duka menyelimuti para anggota Pramuka dengan meninggalnya Letnan Jenderal TNI (Purn.) Kak Rivai Harahap. Pria kelahiran Pematang Siantar, 1928 namanya sangat akrab oleh kalangan Pramuka karena dia pernah menjabat sebagai Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka sejak 1998-2003.

Hampir seluruh hidup Kak Rivai diabdikan untuk bangsa negara. Sebab sejak awal dia sudah didik menjadi prajurit sejati. Karier militer sebagai Pelatih TKR, dimulai sejak Agustus 1945, yang menjadi atasan ketika itu adalah Ahmad Tahir. Kemudian, setelah mengikuti Latihan Opsir TKR, Divisi X dengan pangkat Serma Kadet, dia diangkat menjadi Dan Seksi Divisi X berpangkat Letda pada 1947.

Kak Rivai juga tercatat pernah sebagai Dan Ki Yonif 113 Territorial I. Lalu Asisten Ops Kodam I/Iskandar Muda dengan pangkat Mayor Inf. Pangkatnya naik menjadi Kolonel Inf saat dipercaya menjabat Danrem 011 Lilawangsa, Kodam I Iskandar Muda pada 1968. Di puncak kariernya sebagai TNI, ia dipercaya menjabat Panglima Kodam, dan mendapat tanda bintang tiga.

Tidak hanya itu, Kak Rivai juga mengabdikan diri dalam beberapa penugasan operasi. Dia aktif berjuang selama perang kemerdekaan. Bahkan ia pernah ikut bergerilya pada 1949 di Sektor IV daerah Tapanuli Tengah di bawah pimpinan Jenderal TNI (Purn) Maraden Panggabean.

Lalu pernah bertugas dalam Operasi penumpasan Republik Mantan Sersan Militer Inggris Maluku Selatan (RMS) di Mantan Sersan Militer Inggris Maluku, operasi penumpasan DI/TII di Pejuang dari Aceh, dan Operasi Sapta Marga di Sumatera Utara.

Sejarah mencatat Kak Rivai pernah bertugas sebagai Anggota MPR-RI Fraksi ABRI (1977-1988). Di luar kesibukannya itu, kecintaannya terhadap Gerakan Pramuka sudah ia tekuni sejak lama. Kak Rivai pernah menjadi Andalan Nasional Kwarnas pada 1979, lalu Wakil Ketua Kwarnas, dan puncaknya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Kini Kak Rivai sudah tiada, dia meninggal diusia ke 90 tahun pada Kamis 8 November 2018. Atas jasa-jasanya itu Rivai Harahap mendapat gelar Bintang Mahaputra Pratama dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata, Jakarta Selatan. Kak Rivai dimakamkan pada Jumat (9/11/2018). Selamat jalan kakak. (HA/Humas Kwarnas)