+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Ikuti Lomba Reportase Pramuka Total Hadiah 23 Juta, 21 Februari - 25 April 2017 Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 30/04/2017
 LATEST TWEETS   

Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial Tingkat Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka

REKOMENDASI

Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial Tingkat Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka

Tema: Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita

Cibubur, Jakarta, 26 – 29 November 2014


 

Salam Pramuka, Puji syukur atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial telah berjalan sesuai harapan. Ada tiga indikator kesuksesan acara ini; partisipasi, manajemen acara dan publikasi. Berkat ridho Tuhan YME dan kerja keras segenap panitia, jumlah peserta terpenuhi, semua narasumber hadir, seluruh kegiatan berlangsung sesuai jadwal. Pelatihan ini juga diberitakan oleh media sebelum kegiatan, jelang kegiatan, saat kegiatan dan setelah kegiatan.

Dalam pelatihan telah lahir beberapa pemikiran di antaranya disampaikan oleh:

  1. Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka “pentingnya Pramuka memenangkan ‘pertarungan’ di era informasi. Salah satu indikator kemenangan adalah semakin banyaknya informasi positif yang disampaikan oleh segenap anggota Pramuka melalui media sosial dan produk-produk jurnalistik lainnya. Ketua Kwarnas juga menyampaikan bahwa “Yang utama adalah orangnya, media sosial adalah sarana. Jika orangnya jujur, baik, peduli, maka media sosial akan dahsyat dampaknya”.
  2. Yudi Suyoto, Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional “Kesalahan dalam penggunaan medsos akan mencoreng pribadi, institusi dan meresahkan masyarakat. Oleh sebab itu, setiap anggota Pramuka, harus berhati-hati menggunakan media sosial”.
  3. Lusia Adinda Lembu Raya, Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kominfo “jumlah pengguna media sosial tidak akan menurun, oleh sebab itu pemanfaatannya oleh Pramuka harus sesuai dengan kebutuhan generasi sekarang dan masa yang akan datang”
  4. Marbawi, Wakil Ketua Kwarnas bidang Perencanaan Pengembangan dan Kerjasama “setiap Pramuka adalah kantor berita itu, salah satu maknanya, setiap yang diposting oleh anggota Pramuka di media sosial layak disebarluaskan dan memenuhi unsur-unsur berita, diantaranya bermanfaat, insipiratif, benar, unik dan dibutuhkan oleh masyarakat”
  5. Hariqo Wibawa Satria, Andalan Nasional Bidang Kominfo “3 M yang dapat dan harus dilakukan anggota Pramuka di media sosial; (m1) membumikan Pramuka, (m2) mempromokan Indonesia, (m3) membela Indonesia. Mempromosikan Indonesia contohnya; setiap anggota Pramuka secara aktif mempromosikan produk-produk lokal Indonesia, pariwisata Indonesia di medsos dengan menggunakan berbagai bahasa”. Selain itu penting mengamalkan 2 K; keamanan dan kreatifitas
  6. Luqman Hakim Arifin, Andalan Nasional Bidang Kominfo “pentingnya saling kenal mengenal antara anggota Pramuka di media sosial, output-nya adalah adanya kerjasama antar akun-akun Pramuka di media sosial untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan Pramuka. Oleh karenanya kita bentuk forum komunikasi”
  7. Olivia Zalianty, Andalan Nasional Bidang Kominfo “Terdapat 22 juta anggota Pramuka di seluruh Indonesia, dan rata-rata memiliki akun di media sosial, potensi ini sangat luar biasa jika digerakkan untuk kegiatan yang positif”
  8. Sari Madjid, Andalan Nasional Bidang Kominfo “minat dan bakat anggota Pramuka bisa disalurkan lewat media sosial, berbagai pentas kebudayaan yang pernah diadakan Pramuka tidak akan memiliki dampak, jika tidak disebarluaskan”
  9. Andri Yusran, Andalan Nasional Bidang Kominfo “Sudah saatnya Kwarda-Kwarda memiliki perhatian yang serius terhadap penggunaan media sosial di daerah-daerah”
  10. Subiakto Priosoedarsono (Narasumber, Pakar Branding) “Branding itu adalah ikatan emosi antara orang dengan merek, ini tidak bisa dibangun dengan iklan, melainkan dengan aksi-aksi nyata Pramuka yang bermanfaat untuk masyarakat. Membangun brand adalah membangun ikatan emosi, dulu lewat iklan, sekarang lewat media sosial, dulu lewat janji-janji besar, sekarang lewat storytelling. Rasakan, temukan berbagai masalah di masyarakat, lakukan yang paling bisa diperbuat oleh Pramuka, konsistensi Pramuka memberikan solusi akan membangun ikatan emosi, dan itulah brand”
  11. Deddy Sinaga (Jurnalis) “jangan terpaksa menjadi jurnalis, jika itu bukan passion anda maka carilah bidang lain, saya menjadi jurnalis karena passion saya disini, dan dari sejarah kita belajar profesi ini sangat bermanfaat bagi orang banyak”
  12. Aci (Praktisi Media Sosial) “Website harus didukung oleh tim media sosial. Tim media sosial dua tugasnya; delivery content dan analisa pengguna media sosial”
  13. James Luhulima (Jurnalis) “jika ingin besar, media harus independen. Jika ingin besar semua awak media harus jujur. Dalam menulis berita haruslah fokus pada satu topik dan kembangkan sampai tuntas, jangan tergoda dengan topik lain”
  14. Abdul Rahman Mamun (praktisi media dan konsultan) “media sosial sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari, Pramuka harus memiliki tim yang solid, paham etika, kreatifit dan paham aturan dan etika. Tim media sosial terdiri dari tim konten, tim produksi, dan tim penyaji/penyebar”
  15. Ndoro Kakung alias Wicaksono (social jurnalist) “content is king, delivery is kingkong. Konten itu adalah segalanya, namun konten yang bagus kurang berguna jika tidak disebarkan secara masif”
  16. Berbagai masukan dari peserta: (a) kurangnya perhatian sebagian pimpinan Kwarda terhadap media sosial, (b) tidak adanya panduan pengelolaan media sosial, (c) peran kwarnas dalam pengorganisasian pemberitaan, dan (d) perlunya dibentuk tim media sosial dengan tugas-tugas yang jelas serta diisi oleh SDM yang terlatih

Berdasarkan berbagai pemikiran diatas, kami panitia dan peserta kegiatan ini membentuk forum media sosial sebagai wadah komunikasi online antar humas gerakan Pramuka. Kami juga merekomendasikan beberapa hal kepada kwartir nasional gerakan Pramuka:

  1. Perlunya dibentuk tim media sosial pada tingkat Kwarnas, Kwarda dan Kwarcab melalui Surat Keputusan Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  2. Merekomendasikan pembentukan pokja penyusunan panduan penggunaan media sosial untuk Gerakan Pramuka.
  3. Perlunya diadakan lokakarya pembahasan panduan penggunaan media sosial untuk gerakan Pramuka pada tahun 2015.
  4. Perlu adanya monitoring dan himbauan dalam banyak kesempatan dari Pimpinan Kwarnas, Andalan Nasional, Pimpinan Kwarda, Kwarcab agar Pramuka menggunakan medsos untuk kepentingan Pramuka dan kepentingan nasional Indonesia

Akhirnya, atas nama panitia, kami haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka dan Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kominfo atas kesempatan dan kepercayaannya. Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita

Cibubur, Jakarta, 29 Desember 2014

Hormat kami, Penitia Pelatihan Jurnalistik dan Media Sosial

Tingkat Nasional Tahun 2014. Salam Pramuka

hariqo

Hariqo Wibawa Satria

Ketua Panitia, Andalan Nasional Gerakan Pramuka

 

 

 

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menerima kunjungan Duta Besar Korea Selatan di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka | Foto: Kak Fajrin/TIm SIber Pramuka

Dubes Korea Selatan Kagumi Gerakan Pramuka

By kwarnas / April 18, 2017 / 0 Comments