+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Ikuti Lomba Reportase Pramuka Total Hadiah 23 Juta, 21 Februari - 25 April 2017 Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 01/05/2017
 LATEST TWEETS   

Persoalan Lingkungan Juga Akan Dibahas dalam Rakernas 2017

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Lingkungan Hidup Kak Abdul Shobur

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Lingkungan Hidup Kak Abdul Shobur

PRAMUKA.OR.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Lingkungan Hidup Kak Abdul Shobur mengatakan, persoalan lingkungan akan menjadi salah satu topik utama yang akan dibahas dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Cibubur, Jakarta Timur 22-24 Februari 2017.

Dalam forum Rakernas itu nantinya akan dibagi menjadi empat komisi. Pertama, Pendidikan kepramukaan. Kedua, o‎rganisasi dan manejemen. Ketiga, ‎rebranding atau profil. Keempat, aset dan kerjasama. Persoalan lingkungan nanti akan dibahas dalam kelompok profil.

“Persoalan lingkungan itu nanti kita akan tingkatkan lagi program Gerakan Aksi untuk Lingkungan (Gaul) dan juga penanaman pohon serta Pramuka Patriot Lingkungan,” ujar Kak Abdul Shobur di Cibubur, Jakarta Timur, Senin (13/2/2017).

Kwarnas ingin menekankan kepada peserta Rakernas dari 34 Kwartir Daerah yang hadir, agar persoalan lingkungan menjadi salah satu agenda yang tidak boleh ditinggalkan, terlebih Pramuka sudah memiliki Saka Kapaltaru yang fokus pada lingkungan hidup.

“Kita akan mendorong Saka Kapaltaru agar menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik bekerjasama Kwarda. Jangan sampai berdiri semua bergerak sendiri-sendiri,” tuturnya.

Mantan Bupati Empat Lawang ini mengungkapkan, tiga tahun ini setidaknya sudah ada 10 ribu pengenalan lingkungan kepada masyarakat yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka. Misalnya, Kwarnas canangkan program Gaul dengan membersihkan Pantai Ancol 29 Mei 2016. Aksi ini melibatkan ratusan anggota Pramuka se-Jabodetabek. ‎

Menurutnya, program Gaul merupakan gerakan koletif Gerakan Pramuka untuk mencintai lingkungan dari mulai anak-anak sampai dewasa. Mulai dari gaul wisata, gaul ulang, gaul ilmu, gaul darat, gaul udara, gaul hijau, gaul lintas, gaul status, gaul info, gaul energi, gaul pentas, dan gaul sorak. Untuk di Ancol masuk dalam Gaul Wisata. ‎

“Akhir tahun kemarin Desember 2016, kita juga mengadakan Kemah Bakti Pramuka Peduli di Garut. Salah satu kegiatannya juga melakukan 2000 penanaman pohon di lerang Gunung Papandayan dan bersih-bersih Kota Garut,” terangnya. ‎‎‎

Dalam Rakernas ini, Kak Shobur berharap muncul semangat dan kesadaran bersama bagi para Kwarda untuk terus aktif melakukan aksi-aksi kepedulian terhadap lingkungan. “Kita mendorong agar Pramuka cinta lingkungan terus ditingkatkan, karena sudah banyak Wakil Ketua Bidang lingkungan ‎Hidup di tingkat Kwarda,” tutupnya. (HA)

Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menerima kunjungan Duta Besar Korea Selatan di Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka | Foto: Kak Fajrin/TIm SIber Pramuka

Dubes Korea Selatan Kagumi Gerakan Pramuka

By kwarnas / April 18, 2017 / 0 Comments