+6221-3507645 faq sitemap contact


Breaking News
Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 23/04/2017
 LATEST TWEETS   

Promosikan Kegiatan Pramuka di Televisi, Kwarnas Terima Produser TVRI

Pertemuan Kwarnas Gerakan Pramuka dengan Kwarcab Gerakan Pramuka Banyumas dan Rumah Produksi Ralia Pictures di Ruang Rapat Pimpinan Gedung Kwarnas Lantai 1 Jakarta. (13/3) | Foto: Kak Hafyz Marshal

Pertemuan Kwarnas Gerakan Pramuka dengan LPP TVRI membahas kerjasama program siaran Pramuka di Ruang Rapat Pimpinan, Gd. Kwarnas Jakarta. (13/3) | Foto: Kak Hafyz Marshal| Foto: Kak Hafyz Marshal

PRAMUKA.OR.ID, JAKARTA – Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan memiliki banyak kegiatan menarik dan digandrungi oleh generasi muda di tanah air. Produser TVRI, Kak Ni Kadek Suartini mengatakan, akan mengangkat kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka di televisi yang dikelolanya tersebut.

“Tujuan kami di sini ingin sekali mengangkat acara Pramuka. Sewajarnya mengangkat Pramuka, dan kewajiban kita mengangkat anak muda didikan Gerakan Pramuka,” ujar Kak Ni Kadek Suartini, saat audiensi di Kantor Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Senin (13/3/2017).

Kak Ni Kadek Suartini mengaku prihatin dengan tayangan di Indonesia akhir-akhir ini. Tayangan hari ini tidak mendukung terhadap pembentukan karakter generasi muda agar berbudi pekerti luhur.

“Mengapa kita ke Kwarnas? Karena materi itu ada di Kwarnas. Kalau kami mengangkat sendiri, takutnya salah. Bagaimanapun Pramuka ada di naungan Kwarnas,” ucap Kak Ni Kadek Suartini.

Menanggapi rencana tersebut, Wakil Ketua Kwarnas bidang Rembangma Marbawi, Wakil Ketua Kwarnas Bidang BUMGP Kak Ridjal J Kotta, Andalan Nasional Kak Hariqo Wibawa Satria, Kak Habibie Yukezain, dan Kak Luqman Kak Hakim Arifin, mengapresiasi dan berterima kasih atas usaha TVRI ini.

“Pada prinsipnya, Ka Kwarnas mengapresiasi atas upaya untuk meningkatkan dukungan publik terhadap Gerakan Pramuka. Hasil pertemuan ini akan kita laporkan ke Ka Kwarnas dan kita akan follow up dengan adanya tim dari Kwarnas, karena konten akan banyak yang dimasukin ke situ,” tutur Kak Marbawi.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Ridjal J Kotta mengatakan, hendaknya nanti jangan menggunakan istilah Pandu lagi, karena tidak ada lagi di Keppres. “Tapi kami berterima kasih, lewat film ini untuk menyebarluarkan kegaiatan kepramukaan,” jelasnya.

Andalan Nasional Bidang Kominfo, Kak Hariqo Wibawa Satria mengatakan, kegiatan Gerakan Pramuka banyak sekali dan dapat dilihat di media sosial. Menurut dia, di antara semua Kementerian, di Instagram, Gerakan Pramuka yang paling tinggi like-nya.

“Kemarin, kita di Kominfo bicarakan Pramuka Chanel. Pramuka Chanel di atasnya Pramuka TV. Dengan adanya kerjasama dengan TVRI ini, kontennya bisa kita siapkan tidak langsung di sini,” ucap Andalan Nasional Bidang Kominfo, Kak Luqman Hakim Arifin.

Sementara itu, Andalan Nasional Bidang Kominfo, Kak Habibie Yukezain mengatakan bahwa perlu dari Kwarnas Gerakan Pramuka membentuk Tim Kreatif untuk menyusun konten-konten yang akan ditayangkan di TVRI tersebut. “Konten-kontennya itu seperti kegiatan kepramukaan,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, jika kerjasama Kwarnas dengan TVRI ini sudah diteken, Gerakan Pramuka akan memiliki waktu khusus tampil di TVRI. Menurut Produser TVRI ini, tayangannya nanti akan seminggu sekali, setiap hari Selasa. Sekitar mulai pukul 16.00 WIB, kegiatan-kegiatan Gerakan Pramuka bisa tampil di TVRI selama setengah jam. (MSA)