+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 19/11/2017
 LATEST TWEETS   

408 Pramuka Seluruh Indonesia Ikuti Kemah Penguatan Karakter

Upacara Pembukaan Giat Kemah Penguatan Karakter 2017 yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dihadiri oleh Mendikbud kak Muhajir Effendi didampingi Ka. kwarnas dalam hal ini diwakili oleh  Waka Kwarnas Bidang Anggota muda kak S. Budi Prayitno dan Dirjen Dikdas dan menengah dan direkur sekolah menengah atas. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Upacara Pembukaan Giat Kemah Penguatan Karakter 2017 yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dihadiri oleh Mendikbud kak Muhajir Effendi didampingi Ka. kwarnas dalam hal ini diwakili oleh Waka Kwarnas Bidang Anggota muda kak S. Budi Prayitno dan Dirjen Dikdas dan menengah dan direkur sekolah menengah atas. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kegiatan Kemah Penguatan Karakter 2017 resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhajir Effendy di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Senin (12/11). Acara pembukaan juga dihadiri oleh Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pembinaan Anggota Muda Kak Budi Prayitno, mewakili Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Kemah yang berlangsung sampai 17 November 2017 ini diikuti 408 Pramuka Penegak dari 34 provinsi se-Indonesia dengan tema “Siswa SMA Pelopor Karakter Bangsa yang Disiplin, Terampil, dan Peduli.” Sesuai dengan tema, Kemah Penguatan Karakter ini diisi kegiatan-kegiatan teoretis maupun praktik lapangan.

Misalnya, kegiatan bakti masyarakat, survival, masak rimba, jelajah budaya dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yaitu Monas, Museum Nasional, Masjid Istiqlal, Museum Sumpah Pemuda, latihan budidaya lebah. Ada juga materi tentang bahaya narkoba, radikalisme serta kekayaan bahari Indonesia.

Di hari pertama, Kak Budi menyampaikan materi tentang kekayaan bahari Indonesia dengan tema “Mencintai Bahari, Mencintai Negeri.” Budi menyampaikan, Indonesia sebagi negara maritim memiliki kekayaan yang begitu besar. Potensi itu jika dimanfaatkan dengan baik bisa memberikan kesejahteraan masyarakat.

“Kekayaan itu banyak sekali, mulai dari pariwisata, ikan, gas bumi, dan juga air lautnya. Nah, saya lebih banyak menyampaikan tentang potensi atau kekayaan ikan di laut Indonesia,” ujar Kak Budi.

Menurutnya, sumber daya alam di laut tidak mungkin bisa dikelola dan digunakan sebaik-baiknya untuk kemajuan bangsa tanpa karakter yang kuat dari masyarakatnya. Di sini ia menekankan kepada anak Pramuka agar terus menanamkan karakter atau kepribadian yang baik dalam setiap perilakunya.

Lalu apa yang bisa dilakukan Pramuka dalam rangka turut serta menjaga laut Indonesia? Kak Budi mengungkapkan, Pramuka bisa memulainya dari hal-hal yang kecil. Misalnya, tidak ikut mengotori laut dengan membuang sampah sembarangan di pantai, tidak ikut menangkap ikan dengan cara-cara yang dilarang seperti menggunakan bom atau obat yang bisa merusak ekosistem.

“Saya yakin Pramuka punya jiwa itu, banyak yang sudah dilakukan anak-anak di daerah untuk menjaga ekosistem laut. Seperti tidak membuang sampah sembarangan. Dan di sini, melalui kemah ini, karakter mereka akan dikuatkan lagi,” jelasnya.

Di akhir kegiatan Kemah Penguatan Karakter ini nantinya akan diisi karnaval dan pentas budaya. Kemendikbud sebagai penyelenggara kegiatan ini juga akan menyampaikan sosialisasi Saka Widya Budaya Bakti. Ada pula kegiatan menarik lainnya, yaitu pembuatan cuk glider dan es krim. (HA/AK)