+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 22/05/2018
 LATEST TWEETS   

Adakan Pesta Siaga, Kwarran Bawang Cetak Pramuka Berprestasi

 Kwarnas  24 Februari 2018  166 views
Foto: Dok. Humas Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang Jawa Tengah

Foto: Dok. Humas Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang Jawa Tengah

BAWANG, PRAMUKA.ORÎID – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang Jawa Tengah kembali mengadakan Pesta Siaga yang diikuti 39 barung putri, dan 34 barung putra. Kegiatan tersebut diadakan di Kompleks Kantor Kecamatan Bawang, dan Alun-alun Bawang, Sabtu 24 Februari 2018.

Kak Yarsono Camat Bawang, sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Bawang mengatakan, Kwarran di daerahnya termasuk aktif mengadakan kegiatan kepramukaan yang melibatkan semua desa di seluruh kecamatan Bawang. Seperti Pesta Siaga yang diadakan satu tahun sekali ini.

“Pesta Siaga ini adalah satu dari sekian banyak kegiatan kepramukaan yang diadakan di lingkup Kecamatan Bawang. Sebelumnya kita sukses mengadakan Jambore Ranting dan Lomba Tingkat. Dan tahun ini akan kita adakan lagi di bulan Agustus dan November,” ujar Kak Yarsono.

Ia bersyukur di wilayahnya aktif mengadakan kegiatan kepramukaan. Sebab, dengan begitu Gerakan Pramuka sudah turut serta mengembangkan Kecamatan Bawang menjadi daerah yang maju, aman, tertib dan tenteram. Khususnya, dalam peningkatan kualitas sumber daya manusianya.

“Kita harus bangga ada Pramuka di sini, karena dengan Pramuka kita bisa melihat anak-anak SD ini tampil menjadi anak yang kreatif, pintar memainkan alat musik, dan tarian tradisional. Mereka juga terlihat menjadi lebih percaya diri, pemberani dan berprestasi,” jelasnya.

Tidak lupa, Kak Yarsono mengucapkan terima kasih kepada pembina, pelatih, kepala sekolah, dan guru-guru yang ada di lingkup Kecamatan Bawang yang sudah mengerahkan waktu, pikiran, dan tenaga guna mendidik anak-anak melalui berbagai kegiatan kepramukaan yang positif. Ia berharap Pramuka di Kwarran Bawang ke depan semakin lebih baik.

Sementara itu, Sekretaris Bina Anggota Muda Kwarran Bawang yang juga Kepala Sekolah SDN Bintoro Mulyo M. Rachmad mengatakan, Pesta Siaga kali ini mengambil tema “Gembira, Kreatif, Bersahabat.” Dari 10 taman yang dilombakan, akhirnya ada tiga sekolah SD dari barung putra dan putri yang berhasil tampil menjadi yang tergiat. Mereka yakni:

Barung putra:
1. Tergiat satu : MI Jambangan
2. Tergiat dua : SD N Pangempon
3. Tergiat tiga : SD N Candirejo 01
Barung putri
1. Tergiat satu : SDN Surjo 02
2. Tergiat dua : SDN Surjo 03
3. Tergiat tiga : SDN Surjo 01

Adapun 10 taman yang dilombakan, adalah Taman Takwa Kepada Tuhan, tanda pengenal seragam Pramuka, pengamat dan daya ingat, scouting skills, baris berbaris, seni budaya, Jateng hebat, ketangkasan, bumbung kemanusiaan, dan Siaga gembira. Sedangkan jumlah panitia pelaksana terdapat 28 orang, dan jumlah juri 42.

“Terima kasih juga kita sampaikan kepada Kak Yarsono selalu Camat Bawang dan semua pihak yang sudah mendukung acara ini. Saya percaya dasar dari pembangunan daerah adalah penguatan karakter masyarakatnya. Dan itu kita bisa liat dari Gerakan Pramuka,” jelasnya.

Berikut beberapa nama panitia yang terlibat dalam kegiatan ini yakni, Kak Anang Junianta, Kak Nurudin Maksus, Kak Agus Sutiyono, Kak Sukaryo Kam Eko Putro, Kak Mukhammad Harun, Kak Asri Hanifah, Kak Erni Purwandari, Kak Abdul Rohman, Kak Tarikhin, Kak Farikhah, Kak Muhammad Azhar, Kak Nurul Anam, Kak Candra Prasetya dll. (Albar)