+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 19/11/2017
 LATEST TWEETS   

Anak-anak Rohingnya Ucapkan Selamat Lomba Tingkat-V Gerakan Pramuka

Desain: Tim Siber Pramuka

Desain: Tim Siber Pramuka

BANGLADESH, PRAMUKA.OR.ID – Sejak awal September lalu, Gerakan Pramuka menerjunkan relawan untuk membantu pengungsi Rohingya, Myanmar secara bergantian. Salah satunya adalah Kak Ahmad Fikri, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Organisasi dan Hukum yang saat ini berada di kamp pengungsian Cox’s Bazar, Bangladesh.

Berbagai pertanyaan diajukan anak-anak Rohingya kepada Kak Fikri, di antaranya, “Apa kegiatan anak-anak Indonesia?”

Dengan ramah, Kak Fikri pun menjawab, “Kami ada Pramuka.” Dia kemudian mengajak anak-anak itu bertepuk tangan gembira. “Oh ya, bagaimana jika kita mengucapkan sukseskan Lomba Tingkat Lima (LT-V) Gerakan Pramuka Indonesia,” ajaknya. Anak-anak itu pun mengikutinya dengan muka belum gembira.

LT-V adalah lomba antarregu Penggalang Pramuka (usia 11-15 tahun) terbaik dari seluruh provinsi di Indonesia. Lomba ini digelar tanggal 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta. Kak Ahmad Fikri menceritakan, dia hampir menangis membandingkan kondisi anak-anak di sana dengan anak-anak di Indonesia.

“Di Indonesia anak-anak kita bisa dengan riang gembira ikut kegiatan Pramuka di luar ruangan, menjelajah, halang rintang, berkemah, napak tilas, pendakian, unggun gembira, permainan persahabatan, dan lain-lain. Namun anak-anak Rohingya di sini selalu dihantui ketakutan jika bermain di luar ruangan,” ungkapnya, Rabu (18/10).

“Semoga suatu hari, anak-anak Rohingya dan seluruh anak-anak yang hidup di pengungsian di negara mana pun dapat merasakan asyik dan serunya kegiatan Pramuka di luar ruangan. Yang mereka butuhkan tak hanya makanan dan tenda, mereka perlu kegiatan-kegiatan rekreatif, edukatif ala Pramuka. Ini dapat menghilangkan dendam dan trauma,” tandasnya.

Sebagai informasi, sejak 2014, Gerakan Pramuka telah menerjunkan relawannya dalam tragedi kemanusiaan di Myanmar. Berbagai bantuan, baik dari Gerakan Pramuka maupun yang dititipkan kepada Gerakan Pramuka sudah sampai kepada warga Rohingya. Pada awal September 2017, Kak Eko Sulistio, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana berhasil menembus tiga kamp pengungsian yang sulit dijangkau.

“Kita fokus bantuan untuk anak-anak, wanita dan orang tua. Terakhir kemarin hampir Rp400 juta dana yang masuk. Empat hari lalu, Kak Eko juga sudah berangkat ke Bangladesh membawa bantuan,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault. (AK)