+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 19/08/2018
 LATEST TWEETS   

Apresiasi Kwarnas, Mensos Janji Hadiri Pembukaan Rakernas Gerakan Pramuka

 Kwarnas  14 Februari 2018  267 views
Mensos Kak Idrus Marham saat menerima audiensi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Mensos Kak Idrus Marham saat menerima audiensi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Menteri Sosial (Mensos) Kak Idrus Marham dijadwalkan hadir di acara pembukaan Rakernas Gerakan Pramuka yang akan berlangsung di Hotel Safari Garden, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, pada Jumat 23 Februari 2018.

Hal itu disampaikan Idrus saat menerima audiensi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. Dalam pertemuan itu Kak Adhyaksa meminta Rakernas dibuka langsung oleh Idrus Marham.

“Kami meminta Kak Idrus bisa hadir di acara pembukaan Rakernas pada Jumat pekan depan. Rakernas akan diikuti 500 peserta yang terdiri dari Ketua-ketua Kwarda Gerakan Pramuka dan Dewan Kerja Nasional (DKN),” ujar Kak Adhyaksa di lokasi, Selasa (13/2/2018).

Kak Adhyaksa berharap, di tengah kesibukannya, Idrus bisa menyempatkan waktu untuk hadir. Pasalnya, Rakernas kali ini adalah yang terakhir di masa kepemimpinan Kak Adhyaksa. Ia menyebut banyak hal yang akan dibahas, selain evaluasiI program kerja yang sudah dikerjakan, di tahun ini Kwarnas akan bersiap mengadakan Musyawarah Nasional (Munas).

“Ini Rakernas yang terakhir di masa kepemimpinan saya. Tentu banyak agenda yang dibahas selain program yang sudah kita kerjakan seperti Raimuna Nasional dan Lomba Tingkat V, kita juga akan bahas persiapan Munas,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kak Idrus mengaku sangat senang diundang Kwarnas Gerakan Pramuka untuk membuka acara Rakernas. Ia memastikan akan hadir di acara tersebut, jika tidak ada halangan yang menurutnya sulit untuk ditolak, yakni diundang Presiden Joko Widodo.

“Kami senang bisa diundang langsung oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Prinsipnya saya selalu siap datang. Jadi nanti kalau tidak dipanggil Presiden pasti saya datang,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Kak Adhyaksa juga memaparkan tentang kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka selama dua tahun terakhir. Misalnya Jambore Nasional 2016 lalu, kemudian Raimuna Nasional, dan juga LT-V. Termasuk juga kegiatan yang akan dilakukan tahun ini.

“Selain Munas, Kwarnas juga akan mengadakan Karang Pamitran Nasional, dan Perkemahan Pramuka Nasional Berkebutuhan Khusus di Cibubur. Kalau Karang Pamitran itu kemahnya para pembina seluruh Indonesia,” jelasnya.

Kak Idrus mengapresiasi berbagai kegiatan baik yang sudah dilakukan maupun yang akan dilakukan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Meski ia tahu, di tengah mininnya anggaran yang diberikan pemerintah, namun semangat Kwarnas Gerakan Pramuka untuk terus berbakti kepada masyarakat masih tetap ada.

“Saya salut, mengurus organisasi sebesar Pramuka memang bukan hal yang mudah. Meski anggaran tidak ada, tetapi kerja nyata tetap ada. Bakti Pramuka kepada masyarakat selalu kita temukan di daerah. Yang begini-begini sebenarnya kita nggak boleh abai, Pramuka harus diperhatikan betul dan perkuat perannya,” jelas Kak Idrus.

Selain Kak Adhyaksa, pertemuan dengan Idrus juga dihadiri Sesjen Kwarnas Kak Rafly Effendi, Waka Kwarnas Bidang BUMGP Kak Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Bidang Binawasa Kak Susi Yuliati, Waka Kwarnas Bidang LH dan Kesakaan Kak Abdul Shobur, Waka Kwarnas Bidang Orgakum Kodrat Pramudho, dan Waka Kwarnas Bidang Renbangma Kak Marbawi. (HA/AK)