+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 16/10/2018
 LATEST TWEETS   

Arti Kata Hikmat

 Kwarnas  21 Juli 2018  182 views

Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Perencanaan, Pengembangan, dan Kerjasama, Kak Marbawi. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Oleh: Kak Marbawi
Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka

Hikmat berasal dari kata Melayu lama, populer dipakai di akhir abad 19 dan awal abad 20. Kata ini Iebih merupakan kata sifat (adjective), bukan kata benda.

Artinya adalah bersama, kolektif, kooperatif, deliberatif, orang banyak, common will, publik-republik, dan makna lain yang serupa.

Hanya saja, kelemahan penjelasan ini adalah kata sifat biasanya di akhir frasa. Jadinya, kebijaksanaan hikmat, bukan hikmat kebijaksanaan. Karena tidak mungkin dua kata benda ini (arab: al-hikmah = melayu: kebijaksanaan) yang punya arti sama, disatukan dalam satu frasa. Jadi, hikmat lebih tepat jika merupakan sebuah kata sifat. Namun bukanlah kata sifat umum, tapi kata sifat yang inheren dgn kata benda nya: kebijaksanaan

Dalam tataran praksis, hikmat kebijaksanaan berupa output public policy, dan standard norma public morality, public value. Keputusan yang menyangkut kepentingan publik/umum/orang banyak tidak boleh menyimpang dari moralitas publik dan kepentingan publik. Tidak boleh hanya memenuhi kepentingan para individu peserta permusyawaratan/perwakilan, sekalipun diputuskan secara kolektif. Keputusan tersebut menjadi tidak sah.

Keputusan itu dilakukan oleh para perwakilan/perutusan publik yang bermusyawarah-mufakat secara bersama (kolektif-kolegial) dengan panduan tadi. Voting adalah opsi terpaksa-terakhir.

Sila 4