+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 25/09/2018
 LATEST TWEETS   

Atasi Kekeringan, Pramuka Banjarnegara Bangun Saluran Air Bersih

 Kwarnas  21 Agustus 2018  159 views

Foto: Dok. Humas SAKA Bhayangkara Polsek Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah

BAWANG, PRAMUKA.OR.ID – Berbagai cara dilakukan oleh masyarakat khususnya generasi muda dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73, tak terkecuali anggota Satuan Karya Pramuka (SAKA) Bhayangkara Polsek Bawang, Banjarnegara, Jawa Tengah yang terjun bersama masyarakat membangun saluran air bersih di Dukuh Kalilandak, Desa Wanadri, Kecamatan Bawang.

Kapolsek Bawang AKP Sutardiyana mengatakan, kegiatan bakti sosial Saka Bhayangkara ini merupakan inisiatif dari anggota dan didukung warga sekitar, BPBD, dan donatur yang tidak mengikat. “Ini merupakan kegiatan kedua yang dilaksanakan di dukuh yang berbeda dan dengan proses pengerjaan yang hampir sama, hanya saja di dukuh Kalilandak ini kami sangat kesulitan untuk mendapatkan sumber mata air,” ujarnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari tersebut melibatkan sedikitnya 30 anggota Saka Bhayangkara Polsek Bawang dan dibantu oleh tenaga ahli serta masyarakat sekitar. Pamong Saka Bhayangkara Polsek Bawang Tuhari mengatakan, pembuatan sarana air bersih dan penampungan sumber mata air didukuh kalilandak tersebut dilaksanakan sebagai wujud kepedulian Pramuka terhadap bencana kekeringan yang setiap tahun melanda wilayah tersebut.

“Kami memasang sedikitnya 200 batang pipa PVC dari sumber air utama yang telah kami buat menuju water point yang selanjutnya disalurkan ke warga,” ujarnya.

Water point yang dibuat nantinya akan melayani dan menyalurkan air bersih ke seluruh masyarakat sekitar yang berjumlah 674 jiwa, menjangkau 4 RT dan 2 RW. Ketua Kwarcab Banjarnegara Setiawan mengapresiasi kinerja dan kegiatan yang dilakukan adik adik Pramuka Peduli Saka Bhayangkara Polsek Bawang. Dia berharap mereka terus semangat dalam berkarya nyata di tengah masyarakat.

“Atas nama warga gerakan pramuka kami mengucapkan terima kasih atas hasil kerja keras, pemikiran, ide dan gagasan serta implementasi kegiatan bakti yang dilaksanakan,” ujarnya.

Pihaknya berharap agar peran serta generasi muda khususnya Pramuka dapat terus berkumandang di tengah masyarakat secara nyata dalam rangka ikut membantu permasalahan sosial dan tugas pemerintah dengan menggandeng beberapa instansi atau stakeholder serta para donatur. (ALW/AK)