+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 23/06/2017
 LATEST TWEETS   

Badai Topan Selimuti Aksi Kemanusiaan Pramuka di Myanmar

Foto: Humas Kwarnas

Foto: Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Aksi kemanusiaan yang dilakukan Andalan Nasional Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Eko Sulistio di Myanmar dibarengi tragedi badai angin Topan Moonsoon. Kondisi ini menambah parah kondisi Muslim Rohingya di camp-camp pengungsian.

“Misi kemanusiaan kali ini terkendala dengan adanya badai Topan Moonsoon yang begitu dahsyat. Karenanya kondisi Muslim Rohingya di camp pengungsian semakin memprihatinkan,” ujar Eko, saat dihubungi, Kamis (15/6).

Eko menuturkan, badai Topan Moonsoon ini sudah berlangsung selama empat hari terakhir dan merobohkan rumah serta bangunan para Muslim Rohingya. “Selain masalah keamanan dari aparat yang begitu ketat, badai ini membuat distribusi bantuan pangan kepada mereka tertunda,” katanya.

Eko berada di daerah Rakhine State Camp‎ selama kurang lebih satu minggu. Di tempat ini setidaknya ada 300 ribu pengungsi membutuhkan pertolongan dari negara-negara luar. Selama di lokasi, Eko memberikan bahan-bahan logistik dan menu buka puasa. “Karena Suku Rohingya ini kebanyakan Muslim,” ungkapnya. ‎

Sampai saat ini belum ada kepastian dari Pemerintah Myanmar kapan Suku Rohingya akan diakui sebagai warga negara, agar punya hak yang sama dengan yang lain. ‎Konflik berbau sentimen agama ini masih berlanjut dan belum terlihat adanya perubahan. Ia berharap situasi seperti ini tidak terjadi di Indonesia.

Berikut video badai Topan Moonsoon di daerah Rakhine State Camp, Myanmar. (HA/AGUS)