+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 24/06/2018
 LATEST TWEETS   

Bahas PW PTK, Rektor UIN SUSKA Riau Temui Ketua Kwarnas

 Kwarnas  6 Maret 2018  413 views
Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Jajaran civitas akademika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN SUSKA) Riau yang dipimpin Kak Munzir Hitami (Rektor), melakukan kunjungan ke Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, di Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018). Mereka diterima Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault.

Kak Munzir mengatakan, pertemuan ini dalam rangka sosialisasi persiapan kegiatan Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK)XIV. Kemah tingkat nasional ini akan diadakan 3-10 Mei 2018 di Bumi Perkemahan UIN SUSKA, dengan jumlah peserta 1.620 dari Pramuka Pandega.

“Pertama kita ingin silaturahmi dengan Ka Kwarnas Gerakan Pramuka bahwa kami di daerah akan menjadi tuan rumah PW PTK. Kedatangan ini dalam rangka sosialisasi sekaligus koordinasi membahas persiapan kegiatan tersebut, agar semua berjalan dengan lancar,” ujar Kak Munzir.

Kemah ini mengambil tema “Merajut Harmoni Berkarya Nyata Membangun Negeri” dengan slogan “Bermarwah, Berkarya, Martabat, Taqwa, dan Harmonisasi”. Kak Munzir mengatakan, banyak kegiatan sosial yang akan diadakan selama kemah berlangsung. Misalnya bakti rumah ibadah, sekolah, pengembangan wisata daerah, dan pembinaan perekonomian masyarakat.

“Pengembangan wisata maksudnya kita ingin mewujudkan desa wisata dengan membangun spot-spot selfie atau wahana edukasi seperti autbond, playground. Lalu publikasi melalui media sosial dan penyelenggaraan festival desa wisata,” jelasnya.

Menurutnya, di daerah sekitar kampus terdapat desa wisata berupa pantai di Kabupaten Kampar yang biasa digunakan untuk acara adat Balimun Kasai. Juga Danau Larangan di Desa Aur Sati. Adapun kegiatan bakti lainnya adalah pembuatan rumah apung, hutan payung, paving block, taman bunga, penanaman Berembang, pembuatan gerbang desa, jembatan desa, dan lain-lain.

Wakil Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) Gerakan Pramuka Kak Sinta Ayu Lestari mengatakan, kemah Wirakarya memang lebih banyak diisi kegiatan bakti masyarakat. Karenanya wajar bila PW PTK mengusung tema tentang bakti sosial. “Dalam aturannya kemah Wirakarya memang 70% kegiatan bakti, 30% materi. Jadi wajar kegiatannya lebih banyak bakti,” ujar Kak Sinta.

Kak Sinta berharap, Kwartir Daerah Riau melibatkan unsur Dewan Kerja dalam kegiatan tersebut. Sebab kegiatan ini untuk Pramuka Penegak dan Pandega. Tidak hanya itu, Kwarda Riau juga diharapkan secepatnya melakukan koordinasi dengan Kwarda lain seluruh Indonesia terkait mekanisme pengiriman peserta.

Kegiatan rencananya akan dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin selaku penyelenggara PW PTK. Kak Adhyaksa juga menyambut baik kegiatan tersebut sebagai wujud kepedulian Pramuka di Perguruan Tinggi Islam terhadap pembangunan bangsa dan negara.

“Pramuka memang selalu ditugaskan untuk siap berbakti dan mengabdi kepada masyarakat melalui karya-karya nyata. Ini acara bagus, Insya Allah saya hadir besok,” jelasnya. (HA/AK)