+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 18/12/2017
 LATEST TWEETS   

Bantu Korban Bencana, Pramuka Kumpulkan Rp700 Juta

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Aksi Bumbung Kemanusiaan yang digalang Kwarnas Gerakan Pramuka untuk membantu korban bencana dan pengungsi Rohingya mendapatkan respon positif masyarakat. Aksi yang sudah dilakukan selama dua bulan terakhir ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp700 juta.

“Alhamdulillah, kita sudah melakukan aksi Bumbung Kemanusiaan di rekening Pramuka Peduli, dan sudah bersurat ke Kementerian Sosial untuk bisa menggalang dana publik. Saat ini ada sekitar Rp700 juta,” ujar Andalan Nasional Gerakan Pramuka, Kak Ranggawisnu usai Rapat Koordinasi Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) di Kwarnas Gerakan Pramuka, Senin sore (4/12).

Kak Rangga meneruskan, berdasarkan keputusan Rapat Koordinasi Bidang Abdimasgana di Kwarnas Gerakan Pramuka, sebagian dana Bumbung Kemanusiaan yang sudah terkumpul akan disalurkan untuk bantu penanggulangan bencana oleh Satgas Pramuka Peduli. Misalnya, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan daerah lainnya. Dana untuk membantu pengungsi Rohingya telah disalurkan sejak akhir Oktober 2017.

Selanjutnya, kata dia, Kwarnas Gerakan Pramuka akan meninjau langsung lokasi-lokasi bencana. Pihaknya akan memantau kerja para relawan di lokasi, apakah sudah efektif atau belum. “Kalau belum kita bisa beri arahan. Kemudian, kita juga akan menyalurkan bantuan, untuk satgas kita, untuk memperkuat satgas Pramuka Peduli di sana. Biasanya seperti alat pengaman diri, seragam, rompi, dan lain-lain termasuk operasional satgas,” paparnya.

Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Abdimasgana, Kak Kurnia Bakti menambahkan, pada tahun 2018, kinerja bidangnya akan ditingkatkan. Ia mengusulkan agar kembali diadakan rapat koordinasi Pramuka Peduli atau Abdimasgana se-Indonesia seperti tahun 2015 lalu, yakni dalam bentuk latihan gabungan.

“Untuk menyusun rencana ke depan bagaimana satgas Pramuka Peduli ini lebih berkiprah di kejadian bencana, baik pada saat bencana, pascabencana maupun sebelum bencana. Itu yang akan kita konsolidasikan dengan seluruh teman-teman yang ada di daerah, baik setingkat provinsi maupun kabupaten atau kota,” pungkasnya. (MSA/AK)