+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Rabu, 24/01/2018
 LATEST TWEETS   

Besok, Relawan Pramuka Bertolak ke Palestina

 Kwarnas  8 Januari 2018
Inilah contoh bagian kegiatan kemanusiaan Kwarnas yang dilakukan kak Eko Sulistio. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Inilah contoh bagian kegiatan kemanusiaan Kwarnas yang dilakukan kak Eko Sulistio. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kembali menerjunkan relawannya untuk melakukan misi kemanusiaan di Palestina. Kwarnas mengutus Andalan Nasional urusan Pengabdian masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Eko Sulistio ke Palestina pada 9 Januari 2018.

“Selasa besok Insya Allah kami akan berangkat ke Palestina dan Suriah,” ujar Kak Eko saat dihubungi, Minggu (7/1/2018).

Kak Eko menuturkan, ia akan berangkat melalui Yordania yang berbatasan langsung dengan Palestina dan Suriah. Sama halnya dengan relawan kemanusiaan yang lain, kedatangan Eko ke negara konflik tersebut tidak lain untuk mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina.

“Agendanya masih sama, kita fokus mendistribusikan bantuan kepada para ribuan pengungsi Palestina,” jelasnya.

Berhubungan cuaca di sana musim dingin, Kak Eko menuturkan, bantuan yang akan diberikan antara lain selimut, pakaian hangat, makanan, minuman, dan juga kayu bakar. “Kayu bakar sangat dibutuhkan di sana sebagai penghangat dan alat masak, dan masyarakat di sana biasa beli, besok kita kirim,” jelasnya.

Kak Eko mengakui, tidak mudah menembus Palestina karena otoritas Israel mengontrol kontrol kuat Palestina. Situasi ini tentu menyulitkan bagi para relawan kemanusiaan seluruh dunia

“Memang untuk bisa tembus ke Palestina tidak mudah, pengamanannya begitu ketat apalagi untuk mendatangkan para relawan kemanusiaan. Palestina masih dalam penjagaan Israel,” jelasnya.

Kendati demikian, Kak Eko akan tetap berusaha ke Palestina dengan berbagai cara. Bila nantinya kondisi tidak memungkinkan, distribusi bantuan akan diberikan kepada para pengungsi Palestina di perbatasan Yordania dan perbatasan Yordania-Suriah.

“Yang pasti didistribusi bantuan itu sampai kepada mereka yang membutuhkan,” jelasnya. (HA/AK)