+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 18/12/2017
 LATEST TWEETS   

BNPB Puji Aksi Pramuka Bali di Gunung Agung

Foto: Dok. Humas Kwarda Bali

Foto: Dok. Humas Kwarda Bali

KARANGASEM, PRAMUKA.OR.ID – Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kak Sutopo Purwo Nugroho salut dengan kegigihan Pramuka dalam menangani bencana erupsi Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali. Mereka, kata dia, tidak pernah henti menjalankan tugasnya sesuai perannya masing-masing.

Pramuka terbagi dalam beberapa tugas harian untuk mendukung Pos Komando (Posko) Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Agung, seperti penyiapan dapur umum, penyaluran logistik, dan petugas call center. Tidak sedikit pula mereka terlibat dalam evakuasi di bawah pengawasan Basarnas.

“Semangat voluntarisme mereka sangat kuat. Ini tercermin dari keputusan mereka untuk bertugas dan berbagi pemikiran dan tenaga dalam penanganan darurat. Meskipun tidak pada aktivitas yang strategis, kontribusi mereka sangat membantu operasional di dalam posko,” ujar Kak Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/12).

Menurutnya, voluntarisme Pramuka dilatarbelakangi nilai-nilai yang melekat pada setiap individu. Pramuka memiliki banyak teman dari beragam komunitas. Pande Kharisma, salah seorang Pramuka yang bertugas di call center mengatakan, dirinya ikut Pramuka karena ingin memiliki banyak teman.

“Saya tertarik ikut Pramuka, ya karena bahagia, banyak teman dan bisa bantu orang-orang,” ujarya.

Demikian juga rekan Pramuka lain, Kak Komang Ayu Sawitri Widiantari. Ia mengatakan, Indonesia memiliki kekuatan terbesar dengan adanya Gerakan Pramuka. Sebab jumlah Pramuka di Indonesia paling banyak di dunia. Ini menjadi modal berharga untuk mengembangkan voluntarisme di tengah Nusantara yang rawan bencana.

“Rasa kemanusiaan yang ditunjukkan dapat menjadi inspirasi bagi kaum muda lainnya di negeri yang memiliki banyak potensi ancaman bahaya ini,” jelasnya.

Kak Sutopo menambahkan, dalam mendukung penanggulangan bencana, Pramuka memiliki bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Abdimasgana). Meskipun dalam kapasitas dan kapabilitas masih relatif terbatas, namun Pramuka hadir sebagai organisasi yang inspiratif bagi masyarakat karena semangat voluntarisme.

“Melalui Pramuka Peduli, relawan Pramuka bisa mengambil peran dan tugasnya dengan baik. Mereka juga dapat berjejaring dengan para mitra kerja seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Palang Merah Indonesia, dan banyak lagi,” tandasnya. (HA/AK)