+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 17/08/2017
 LATEST TWEETS   

Cegah Demam Berdarah, Area Buperta Cibubur Disemprot Fogging

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Jelang pelaksanaan Raimuna Nasional XI, Kementerian Kesehatan melakukan upaya sterilisasi di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, dengan menyemprotkan fogging menggunakan insektisida. Tujuannya membasmi nyamuk-nyamuk demam berdarah sehingga peserta tidak terkena penyakit.

“Dari Kementerian Kesehatan sudah melakukan sterilisasi lapangan di area Cibubur dengan penyemprotan fogging atau obat pembasmi nyamuk,” ujar Wakil Ketua Kwarnas Bidang Orgakum Kak Kodrat Pramudho, di Jakarta, Jumat (11/8).

Area Buperta Cibubur memang cukup luas. Tempat ini akan dijadikan lokasi kemah besar Pramuka Penegak dan Pandega dengan jumlah 15.000 peserta dari 34 provinsi dan 514 kota se-Indonesia. Karena itu, lanjut Kak Kodrat, lokasi ini harus dibersihkan dengan cara memotong rumput dan menyemprotkan fogging.

“Kita tahu bahwa area Buperta ini sangat luas, masih banyak hutan dan pohon tinggi. Tentu untuk menghindari binatang-binatang yang membahayakan kita butuh penanganan dan persiapan,” jelasnya.

Misalnya, Kak Kodrat menyebut, pada saat Jambore Nasional 2016 lalu panitia berhasil menemukan ular kobra sebanyak 12 karung. Ular-ular ini banyak ditemukan di sekitar semak-semak dan rawa-rawa yang ada di area Buperta. “Jadi harus dibersihkan kembali, dan alhamdulillah tahun kemarin tidak terjadi sesuatu yang membahayakan,” katanya.

Diketahui, penyemprotan fogging sudah dilakukan sejak dua hari lalu, dan akan terus berlanjut sampai satu hari sebelum pelaksanaan Raimuna Nasional. Kegiatan ini akan akan dilaksanakan pada 13-21 Agustus 2017. Sejauh ini, panitia sudah menyusun kapling untuk pembangunan tenda bagi semua kontingen. (HA/AK)