+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 25/09/2018
 LATEST TWEETS   

Cetak Kader Andal di Bidang Kehumasan, Kwarcab Sikka Gelar Diklat Jurnalistik

 Kwarnas  29 Mei 2018  146 views

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur saat menggelar diklat Jurnalistik dan pemanfaatan media sosial bagi seluruh pembina Pramuka. (Foto: Dok. Humas Kwarcab Sikka)

SIKKA, PRAMUKA.OR.ID – Dalam rangka mencetak kader yang andal di bidang kehumasan, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur menggelar diklat Jurnalistik dan pemanfaatan media sosial bagi seluruh pembina Pramuka.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung selama dua hari (28-29 Mei 2018) ini bertempat di aula Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka, Kelurahan Madawat, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka, NTT.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka, Kak Pius Ola Witin saat pembukaan mengatakan, pelatihan jurnalistik dilaksanakan agar anggota Pramuka paham tentang dunia kehumasan terutama menulis berita dan publikasi baik di media cetak, elektronik maupun di media online.

Ia menilai, kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan diri yang nantinya dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah atau instansinya.

Lanjut Pius, maraknya permasalahan yang bersumber dari media sosial khususnya di kalangan anak muda membuat masyarakat harus pintar dalam menggunakan media sosial. Ia menegaskan kepada seluruh anggota Pramuka agar berhati-hati menggunakan media sosial.

“Kesalahan dalam menggunakan media sosial akan mencoreng pribadi dan institusi. Setiap anggota Pramuka yang ada di Kabupaten Sikka harus berhati-hati menggunakan media sosial” tegasnya, Senin (28/05/18) di aula sekretariat Kwarcab Pramuka Sikka.

Dia menegaskan pentingnya Pramuka memenangkan pertarungan di era reformasi. Salah satu indikator kemenangan adalah semakin banyaknya informasi positif yang disampaikan oleh segenap anggota Pramuka melalui media sosial dan produk-produk jurnalistik lainnya.

“Yang utama adalah orangnya. Media sosial adalah sarana. Jika orang jujur, baik, peduli maka media sosial akan dahsyat dampaknya. Jumlah pengguna media sosial tidak akan menurun. Oleh sebab itu pemanfaatannya oleh Pramuka harus sesuai dengan kebutuhan generasi sekarang dan masa yang akan datang,” ujar Kak Pius.

Mantan Kepala Sekolah SMP Negeri I Maumere mengatakan, setiap Pramuka adalah kantor berita. Setiap yang diposting oleh anggota Pramuka di media sosial haraz layak posting dan memenuhi unsur-unsur berita, di antaranya bermanfaat, inspiratif, benar, unik dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kak Pius Ola Witin menambahkan, terdapat 22 juta anggota Pramuka yang berada di sekolah-sekolah di Indonesia. Rata-rata anggota Pramuka memiliki akun media sosial. Potensi ini sangat luar biasa, jika digerakkan untuk kegiatan positif. Minat dan bakat anggota Pramuka bisa disalurkan lewat media sosial.

“Kegiatan Pramuka yang tidak sebarluaskan lewat media sosial tidak akan memberikan dampak bagi setiap orang. Kegiatan kita perlu disebarluaskan agar semua orang bisa mendapatkan informasi dari kita,” kata Ketua Kwarcab Sikka ini.

Diklat jurnalistik dan sosial media diisi oleh Wartawan Pos Kupang, Eginius Moa yang membawakan materi tentang tata cara menulis berita. Kabaghumas Pemda Sikka, Evensius Edmeko membawakan materi tentang membuat opini dan feature, dan Wartawan Arahkita.com membawakan materi tentang Kode Etik Jurnalistik dan Etika Penggunaan Media Sosial. (MA/AK)