+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 22/09/2017
 LATEST TWEETS   

Dari Puncak Salju Abadi, Kak Eko Minta Pramuka Tetap Lakukan Aksi Kemanusiaan

Foto: Instagram Kwarnas

Foto: Instagram Kwarnas

PERANCIS, PRAMUKA.OR.ID – Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), Kak Eko Sulistio saat ini sedang berada di Perancis untuk misi mengibarkan bendera Merah Putih di puncak gunung tertinggi Eropa Barat, Mont Blanc. Dari Puncak Salju Abadi, Perancis, dia berpesan kepada Pramuka di seluruh Indonesia agar terus melakukan aksi kemanusiaan.

“Untuk rekan-rekan Pramuka di mana pun Anda berada, terutama rekan-rekan dari Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana), tetap berbuat untuk kemanusiaan, tetap membantu sesama. Pramuka untuk kemanusiaan,” kata dia.

Pesan Kak Eko ini disampaikannya melalui video, dan diposting di akun Instagram Kwarnas Gerakan Pramuka, @gerakanpramuka. Videonya dapat dilihat di https://www.instagram.com/p/BYyWd0vAE4G/?taken-by=gerakanpramuka. Sampai rilis ini ditulis, video itu sudah ditonton 6.670 warganet.

“Ini Kak Eko Sulistio yang masuk membawa bantuan ke Myanmar. Kak Eko adalah Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana,” begitu caption akun @gerakanpramuka.

Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka telah mengirim Kak Eko untuk membawa bantuan ke Rakhine State, Myanmar pada 29 Agustus 2017 lalu. Bantuan tersebut berupa hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 15 ekor kambing, serta sejumlah bantuan bahan pangan seperti beras, lauk pauk, oil cooking, susu, biskuit, coklat, dan air bersih juga dibagikan di camp pengungsian.

“Hari Jumat, 1 September 2017, pukul 6 pagi, saya masuk ke beberapa kamp pengungsian, yaitu: Shan Tho Lee Camp, Lamache Village, Phia Lhe Song Village. Alhamdulillah, di tiga lokasi itu pendistribusian bantuan berlangsung aman dan lancar,” kata Kak Eko Sulistio.

Gerakan Pramuka melalui wadah Pramuka Peduli aktif terlibat dalam sejumlah misi kemanusiaan, seperti bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan, tanah longsor, bencana kelaparan dan kekeringan. Bahkan, Gerakan Pramuka juga aktif mendistribusikan bantuan ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, dan Nigeria.

Bantuan dari anggota Pramuka maupun masyarakat umum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Kak Eko Sulistio (081210834695), Kak Ranggawisnu (089503197260), dan email: info@pramukapeduli.org. (MSA/AK)