+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 23/04/2018
 LATEST TWEETS   

Distribusikan Bantuan, Relawan Pramuka Bertolak ke Yordania

 Kwarnas  8 Februari 2018  165 views
Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Eko Sulistio bertolak ke Yordania untuk mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina, Rabu (7/2/2018) malam. Kak Eko bertolak dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng.

“Aksi kemanusiaan ke kamp-kamp pengungsian Palestina dan kamp-kamp Suriah. Tapi, bantuan kali ini yang didistribusikan lebih spesifik dan lebih banyak. Alhamdulillah,” kata Kak Eko Sulistio di Jakarta, Rabu (7/2/2018).

Kak Eko mengatakan, bantuan yang diberikan lebih dari 800 paket untuk keluarga, berupa obat-obatan dan bahan pangan. Bukan hanya itu, pihaknya juga akan memberikan ambulans.

“Bantuan kali ini dari Darut Tauhid Peduli. Nilai totalnya sampai Rp1 milyar, sebagai bantuan tahap awal, dan ke depan bisa lebih dari 1 miliar,” ungkapnya.

Jika ingin memberikan bantuan, kata Kak Eko, bisa melalui dirinya. Terlebih, ia akan berada di kamp-kamp pengungsian sampai dua minggu-an.

Menurut Kak Eko, yang dibutuhkan di sana adalah obat-obatan untuk rumah sakit atau klinik-klinik kesehatan yang menangani para pengungsi Palestina, perlengkapan sekolah bagi anak-anak, serta bahan pangan dan perlengkapan untuk musim dingin. Terlebih, musim dingin terjadi sampai bulan Maret 2018.

Sebelumnya, Kak Eko sudah menembus tiga lokasi. Pertama, bantuan disalurkan bersama Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) di Yordania untuk para pengungsi Suriah di kamp-kamp Albayt, Provinsi Mafraq, Yordania. Di sana, Kak Eko memberikan bantuan kepada 200 kepala keluarga.

Kedua, distribusi bantuan beralih ke daerah Almasrouf, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Suriah. Wilayah perbatasan hanya berjarak 5 km atau 10 menit bila ditempuh dengan berjalan kaki. Di sana Kak Eko memberikan bantuan kepada 100 kepala keluarga pengungsi Suriah.

“Di daerah Almasrouf kamp-kamp pengungsi Suriah memang tersebar luas di tenda-tenda. Lebih dari 100 famil tingal di situ, di atas pandang gurun yang gersang,” ujar Kak Eko.

Ketiga, bantuan menembus kamp-kamp pengungsi Palestina yang berada di Jaresh, Yordania. Meski awalnya sempat kesulitan mengurus perizinan, namun akhirnya bantuan kemanusiaan bisa didistribusikan kepada para pengungsi untuk 100 kepala keluarga. (MSA/AK)