+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 20/11/2017
 LATEST TWEETS   

Pramuka Peduli Rohingya
Distribusikan Bantuan untuk Rohingya, Pramuka akan Kembali ke Myanmar

Konferensi Pers, Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya. Rabu, 6 September 2017. Pkl 13.00 WIB di Lantai 1, Ruang Bendera, Gd. Kwarnas, Jakarta. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Konferensi Pers, Aksi Bumbung Kemanusiaan Gerakan Pramuka untuk Rohingya. Rabu, 6 September 2017. Pkl 13.00 WIB di Lantai 1, Ruang Bendera, Gd. Kwarnas, Jakarta. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan kembali ke Myanmar guna menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya. Rencana ini akan dilaksanakan usai dana yang saat ini digalang melalui aksi “Bumbung Kemanusiaan” Gerakan Pramuka untuk Rohingya terkumpul.

“Setelah tanggal 16 September, Kwarnas Gerakan Pramuka akan kembali ke Myanmar membawa bantuan. Fokus kami bantuan untuk anak-anak, wanita dan warga Rohingya yang lanjut usia,” ujar Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault, Rabu (6/9).

Pria berkumis ini menegaskan, aksi “Bumbung Kemanusiaan” sering dilakukan oleh anggota Gerakan Pramuka di berbagai tempat. Aksi “Bumbung Kemanusiaan” adalah cara unik Pramuka menggalang dana kepedulian untuk sebuah tujuan tertentu. Dahulu, aksi ini biasanya menggunakan media bambu untuk menampung dana yang dikumpulkan.

“Ini cara Pramuka merespons masalah. Yuk, kita bantu terus para pengungsi Rohingya melalui Bumbung Kemanusiaan ini. Sekecil apa pun insya Allah berguna bagi mereka,” terang Kak Adhyaksa.

Andalan Nasional Kwarnas Uusan Kominfo, Kak Luqman Hakim Arifin mengungkapkan, anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam aksi “Bumbung Kemanusiaan” untuk Rohingya ini. Caranya dengan mentransfer bantuan ke nomor rekening Pramuka Peduli. Kwarnas Gerakan Pramuka, kata dia, akan mengirimkan pemberitahuan ke Kwarda-Kwarda seluruh Indonesia.

“Anggota Gerakan Pramuka bisa mengumpulkan di Kwartir masing-masing, dikumpulkan dan ditransfer ke sini (nomor rekening Pramuka Peduli) kalau berbentuk uang,” ungkap Luqman di sela-sela Konferensi Pers aksi “Bumbung Kemanusiaan” Gerakan Pramuka untuk Pengungsi Rohingya di Kwarnas, Rabu (6/9).

“Kalau misalnya berbentuk barang, bisa datang langsung ke Kwarnas berhubungan dengan Bidang Abdimasgana,” jelasnya.

Sebelum ini, Kwarnas Gerakan Pramuka tercatat sudah empat kali memberikan bantuan untuk pengungsi Rohingya Myanmar. Pertama, tanggal 26 April-15 Mei 2016 di pengungsian Kyauk Pyu IDP, Camp Sittwe, Myanmar. Kedua, pada Juni 2016 guna memberikan bahan-bahan logistik dan menu buka puasa di Rakhine State Campselama.

Ketiga, pada september 2016, untuk mendistribusikan daging kurban (4 ekor sapi dan 6 kambing) dan , sembako. Terakhir pada 29 Agustus-3 September 2017 lalu, guna membagikan hewan kurban berupa 9 ekor sapi dan 15 kambing, 200 gram sebanyak 1000 bungkus, coklat Toblerone 1000 batang, susu kental manis 1000 kaleng, serta kembang gula 1000 batang.

Bantuan dari anggota Pramuka maupun masyarakat unum dapat disalurkan melalui nomor rekening 909010100 BNI Cabang Menteng, Jakarta Pusat atas nama Pramuka Peduli. Konfirmasi pengiriman bantuan bisa menghubungi Kak Eko Sulistio (081210834695), Kak Ranggawisnu (089503197260), dan email: info@pramukapeduli.org. (MSA/AK)