+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 24/04/2018
 LATEST TWEETS   

Ini Foto Kontingen Gontor di Jambore Nasional Pertama Gerakan Pramuka, Jakarta 1973. Yang di Foto itu, Sudah Ada yang Jadi Ketua Ormas, Menteri, Duta Besar, Rektor dan Kepala Daerah

 Kwarnas  24 Desember 2017  392 views
Sumber Foto: gontor news

Sumber Foto: gontor news

Salam Pramuka. Ini adalah foto kontingen santri Pondok Modern Darussalam Gontor dalam ajang Jambore Nasional Pertama Gerakan Pramuka di Situ Baru, Jakarta tahun 1973. Foto ini biasa saja, anak-anak berbaju Pramuka dengan senyum bahagia. Sederhana saja, karena mereka bangga bisa mewakili Gontor, sekaligus bisa jalan-jalan ke Ibu Kota.

Namun siapa sangka, santri-santri Gontor cilik ini di kemudian hari menjadi tokoh-tokoh Nasional. Yuk, kita intip siapa saja sebagian dari mereka.

Paling kiri bagian depan. Santri itu bernama Dr. A.M. Fachir, alumni Gontor tahun 1976. Beliau mantan Duta Besar RI untuk Mesir dan Arab Saudi. Kini beliau menjabat Wakil Menteri Luar Negeri, mendampingi Menlu Ibu Retno Marsudi.

Ketiga dari kiri baris depan. Santri itu bernama Dr. KH. Zulkifli Muhadli, alumni Gontor tahun 1977. Beliau mantan Bupati Sumbawa Barat dua periode (2005-2015). Kini menjabat Rektor Universitas Cordova, Ketua Forum Pesantren Alumni (FPA) Gontor se-Indonesia, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang, Lombok.

Sebelah Pak Zulkifli, keempat dari kiri baris depan. Santri itu bernama Muhammad Sirajuddin Syamsuddin. Kenal? Nama bekennya, Prof. Dr. Din Syamsuddin, alumni Gontor tahun 1975. Beliau mantan Ketua PP Muhammadiyah & Ketua Umum MUI. Kini, Pak Din ditunjuk sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban.

Duduk paling kanan depan. Santri itu bernama Dr. Arsyad Sobby Kesuma, alumni Gontor 1977. Beliau sekarang menjabat Dekan Fakultas Ushuludin UIN Raden Intan Lampung. Pak Arsyad juga dikenal sebagai kaligrafer nasional & Ketua Lampung Calligraphy Center (LCC).

Berdiri keempat dari kiri. Nama santri itu KH. Ahmad Sadeli Karim, alumni tahun 1976. Beliau kini Senator DPD RI & Ketua Umum Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (2015-2020), sebuah ormas Islam terbesar di wilayah Banten. Beliau juga pendiri Asia Pasific Community for Palestine (ASPAC).

“Yang ana ingat, saat itu, kontingen Gontor mendapat banyak bendera kecil berwarna kuning, yang diikat di ‘tongkat komando’ ketua regu, yang berbahan kayu kering bercabang banyak,” ungkap Ustadz Nasrulloh Zarkasyi.

Inilah buah keikhlasan dan keberkahan ilmu Trimurti, Masyayikh, dan Asatidz Gontor. Lahum al-Fatihah. Salam Pramuka!

Tambahan: selain nama-nama di atas juga ada Pak Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama sekarang), Hidayat Nur Wahid (Mantan Ketua MPR RI, sekarang anggota DPR RI), keduanya juga sangat aktif di Gerakan Pramuka saat menjadi santri di PM Gontor. Di rumah keduanya tersimpan foto-foto berseragam Pramuka saat masih di Gontor.

Gontor itu bukan NU, bukan Muhammadiyah, bukan Tarbiyah, bukan kelompok apa pun. Gontor tidak ikut ormas apalagi partai. Gontor itu untuk dan di atas semua golongan. #NKRI. Salam Pramuka.

(Sumber: Ok Eu, Gontor News, Wali Santri Seluruh Gontor, Ustadz Nashrulloh zarkasyi)

Desain: Tim Siber Pramuka

Desain: Tim Siber Pramuka