+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 19/10/2017
 LATEST TWEETS   

Jelang Hari Pramuka, Panji Gerakan Pramuka Diserahkan

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Dalam rangka menyambut Hari Pramuka ke-56, tanggal 14 Agustus 2017, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Pasukan Pengawal Panji Gerakan Pramuka. Agenda rutin setiap tahun ini dilaksanakan di Kwarnas Gerakan Pramuka, Jalan Merdeka Timur No. 6, Jakarta Pusat, Sabtu (12/08).

Penyerahan panji dilakukam oleh Kak Kodrat Pramudho, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum (Orgakum), mewakili Kwarnas. Dia mengatakan, Panji Gerakan Pramuka adalah Panji yang diserahkan oleh Presiden RI Kak Sukarno kepada Ketua Kwarnas pertama, Kak Sri Sultan Hamengku Buwono IX, saat lahirnya Gerakan Pramuka, 14 Agustus 1961. Ini merupakan sejarah yang harus selalu diingat, karena di Indonesia, hanya ada dua panji yang diberikan oleh Presiden.

“Panji Gerakan Pramuka adalah Panji yang diberikan oleh Bung Karno pada lahirnya gerakan Pramuka tahun 1961 kepada Sri Sultan Hamengku buwono IX, selaku ketua Kwarnas. Seperti TNI, karena yang punya panji di negeri ini hanya Pramuka dan TNI,” kata Kak Kodrat.

Ia menegaskan, Panji Gerakan Pramuka merupakan simbol yang di dalamnya ada amanah Presiden kepada Gerakan Pramuka untuk mendidik generasi muda Indonesia menjadi pemuda yang berkarakter dan berkepribadian sesuai nilai-nilai Pancasila.

“Ini tanda bahwa Pramuka ini memang milik bangsa, yang mengemban tugas mendidik kaum muda yang berkarakter. Oleh karena itu, setiap tahun diikutkan dalam hari Pramuka, (untuk) mengingatkan, bahwa ada amanah yang diberikan oleh Presiden kepada Gerakan Pramuka,” tegasnya.

Panji Gerakan Pramuka diserahkan kepada Pasukan Pengawal Panji Gerakan Pramuka,untuk dikutsertakan dalam upacara Hari Pramuka tanggal 14 Agustus nanti.

“Dua hari sebelumnya, diserahkan untuk diikutkan dalam upacara Hari Pramuka. Pasukannya dilatih khusus bergantian, adik-adik (Pramuka) dari semua wilayah. Sekarang dari Jawa Barat, tahun kemarin dari Banten,” ucapnya.

Kak Kodrat menambahkan, Gerakan Pramuka adalah organisasi yang tidak membeda-bedakan stastus sosial masyarakat, karena mencakup semua golongan. “Pramuka ini organisasi pendidikan. Oleh karena itu, ada yang muda ada yang tua, organisasi yang lepas dari sekat-sekat politik, kedaerahan maupun agama. Pesan Presiden RI Kak Jokowi ketika di Istana (10/8/2017), bahwa kawah candradimuka kaum muda Indonesia adalah Gerakan Pramuka,” tambahnya. (MUS/AK)