+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 19/10/2017
 LATEST TWEETS   

Kak Adhyaksa Dault: Pramuka Mitra Kerja Kementerian Kesehatan

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR ID – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault melantik Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kak Untung Suseno Sutarjo, sebagai Ketua Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional masa bakti 2016-2019 dalam Pergantian Antar Waktu (PAW).

Dalam sambutannya Kak Adhyaksa mengatakan, melalui Saka Bakti Husada, Pramuka adalah mitra kerja Kementerian Kesehatan. Sebab, Pramuka yang tergabung dalam Saka ini adalah orang-orang yang punya minat dan bakat tinggi dalam dunia kesehatan, sehingga berdampak positif kepada masyarakat.

“Mereka kaum muda luar biasa yang dapat membantu Kementerian Kesehatan dalam mewujudkan masyarakat sehat. Sebagai kader muda dalam keluarga, tentunya sangat potensial menjadi mitra jajaran kesehatan dalam menggerakkan masyarakat sehat,” ujar Kak Adhyaksa di Kementerian Kesehatan, Senin (9/10).

Karena itu, Kak Adhyaksa meminta agar Pramuka diberdayakan dengan meningkatkan kapasitas mereka melalui pembekalan materi kecakapan khusus sesuai krida-krida yang dimiliki Saka Bakti Husada.

“Saya yakin dan percaya bahwa pencapaian derajat kesehatan masyarakat akan cepat tercapai bila jajaran kesehatan dapat mendayagunakan potensi Gerakan Pramuka yang jumlahnya lebih dari 20 juta,” jelasnya.

Tidak bisa dipungkiri, lanjut Ketua Kwarnasa, saat ini problem yang dihadapi bangsa semakin kompleks seiring semakin berkembangnya zaman. Kenakalan remaja seperti tawuran, seks bebas, bahkan narkoba menjadi pokok persoalan yang belum terselesaikan.

Demikian pula persoalan kemasyarakatan lainnya dalam pembangunan kesehatan, misalnya sosialisasi gerakan masyarakat sehat, perilaku hidup bersih dan sehat, serta upaya pencegahan dan pengendalian penyakit. Semua itu, menurutnya, dibutuhkan peran Pramuka.

“Peranan Gerakan Pramuka dalam hal ini mestinya dapat turut berkontribusi dalam mengatasi persoalan bangsa ini,” tandasnya.

Diketahui, Saka Bakti Husada diresmikan tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di Pangkalan Saka disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik. Kegiatan pendidikan di Saka Bakti Husada dilaksanakan sebisa mungkin dengan praktik nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya, menggunakan perlengkapan yang sesuai keperluannya. (HA/AK)