+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 19/08/2018
 LATEST TWEETS   

“Kalau Ingin Bahagia Dunia-Akhirat, Masuklah Pramuka”

 Kwarnas  11 Mei 2018  154 views

Kak Partini adalah guru SMPN 14 Kota Serang. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Seorang perempuan berjilbab abu-abu berdiri di depan gadis berusia 13 tahun. Sembari memungut sampah di depannya, dengan suara lembut, perempuan bernama Partini itu meminta muridnya untuk membuang sampah yang juga dijumpai di depannya. Kak Partini adalah guru SMPN 14 Kota Serang.

“Selama di sini, kami menanamkan kebersihan, terutama kepada anak-anak. Sehingga jika mereka menemukan sampah di jalan, ambillah nak. Itu menjadi cermin bahwa itulah Pramuka,” kata Kak Partini saat ditemui di sela-sela Penutupan Kawah Kepemimpinan Pelajar SMP di aula Hotel Kinasih Bogor, Rabu (9/5/2018) malam.

Menurut dia, seorang Pramuka tidak hanya peduli pada sesama dan lingkungannya, tapi juga dapat memberikan teladan kepada yang lain. Ia juga mengajarkan kepada peserta didiknya agar tidak melupakan ibadah, seperti shalat lima waktu. Ketika waktunya shalat, tegas Kak Partini, maka shalatlah.

“Kalau ingin hidup bahagia dunia akhirat, maka masuklah Pramuka. Karena dengan masuk Pramuka, hidup kalian akan bahagia. Dengan kalian mengamalkan Dasa Darma Pramuka kesatu misalnya, takwa kepada Tuhan YME, kalian dunia akhirat akan dapat,” ungkapnya.

“Yang kesepuluh, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. Maka insya Allah dua-duanya (dunia dan akhirat) tercapai. Yang utama kalau saya ngajar atau membina Pramuka, satu, saya ingin jujur. Apa pun itu, kalau itu pahit, jujurlah pada ibu, kamu ingin apa, asal kamu jujur,” pungkasnya.

Dalam penutupan Kawah Kepemimpinan Pelajar SMP, Partini dianugerahi sebagai Guru Pendamping Terfavorit. Penghargaan itu diserahkan oleh Kasubdit Peserta Didik, Direktur Pembinaan SMP, Kemendikbud RI, Maulani Mega Hapsari. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7-10 Mei 2018, dan diikuti 1.200 siswa-siswi SMP se-Jabodetabek dan Banten. (MSA/AK)