+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 18/12/2017
 LATEST TWEETS   

Kemenkes Diminta Prioritaskan Anggota Saka Bakti Husada Jadi Tenaga Kerja Bidang Kesehatan

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault berharap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bisa menyalurkan bakat dan minat Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya (Saka) Bakti Husada yang berada di bawah naungan Kemenkes.

Hal itu disampaikan Kak Adhyaksa saat melantik Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Kak Untung Suseno Sutarjo, sebagai Ketua Pimpinan Satuan Karya (Pinsaka) Pramuka Bakti Husada Tingkat Nasional masa bakti 2016-2019 dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) di Gedung Kemenkes, Senin (9/10).

“Saya mendorong setiap Saka agar dapat memberikan nilai tambah bagi peserta didik untuk memiliki kemudahan dalam menyalurkan bakat dan minat mereka,” ujar Kak Adhyaksa.

Menurutnya, kementerian/lembaga yang membina Saka seperti Saka Bakti Husada oleh Kementerian Kesehatan hendaknya ke depan dapat mengukur sejauh mana proses, output dan kiprah peserta didik dalam mengimplementasikan ilmu dan keterampilan di bidangnya sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat.

Salah satunya adalah membuka peluang kerja bagi adik-adik Pramuka yang aktif di Saka Bakti Husada. Seperti halnya Pramuka yang aktif di Saka Bhayangkara, mereka bisa mendapatkan nilai lebih jika ingin menjadi anggota polisi.

“Lembaga POLRI misalnya, memberikan prioritas menjadi anggota kepolisian bagi peserta didik yang pernah aktif dalam Saka Bhayangkara. Dapatkah adik-adik yang aktif dalam Saka Bakti Husada mendapatkan kemudahan atau poin bila ingin masuk ke perguruan tinggi kesehatan?” terang Adhyaksa.

Mantan Menpora ini menuturkan, hal itu bisa saja dilakukan karena sejak lama Pramuka yang aktif di Saka Bakti Husada memiliki minat untuk terjun di bidang kesehatan. Tentunya, mereka akan senang jika bisa menyalurkan bakat dan minatnya di bidang kesehatan.

“Saya yakin ketika mereka lulus menempuh pendidikan dan menjadi tenaga kesehatan di lapangan, yang bersangkutan lebih cinta profesinya dan ikhlas dalam mengabdi di bidang kesehatan,” jelasnya.

“Kongkretnya saya mengusulkan kriteria dalam penerimaan mahasiswa bidang kesehatan hendaknya dapat mempertimbangkan calon yang pernah aktif dalam Saka Bakti Husada. Inilah nilai tambah yang dapat diberikan kepada peserta didik yang aktif dalam Saka Bakti Husada,” sambungnya.

Diketahui, Saka Bakti Husada diresmikan tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwarnas Gerakan Pramuka. Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.

Kegiatan kesakaan dilaksanakan di Pangkalan Saka disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik. Kegiatan pendidikan di Saka Bakti Husada dilaksanakan sebisa mungkin dengan praktik nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya, menggunakan perlengkapan yang sesuai keperluannya. (HA/AK)