+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 17/08/2017
 LATEST TWEETS   

Kenalkan Warisan Budaya, Pramuka Papua Bagikan 1.500 Tas Noken di Raimuna Nasional

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Setiap daerah memiliki warisan budaya berbeda-beda. Begitu pula daerah Papua dengan tas nokennya. Untuk mengenalkan dan mempromosikan warisan budaya daerah tersebut, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Papua akan membagikan 1.500 tas noken secara gratis di Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka tahun 2017.

“Kami siapkan sebanyak 1.500 tas noken untuk dibagikan kepada seluruh masyarakat dan peserta Raimuna Nasional yang hadir di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur. Mereka boleh terima secara gratis di stand pameran Kwarda Papua,” ujar Idris Khan, Wakil Sekretaris Kwarda Papua di Jakarta, Jumat (11/8).

Idris mengungkapkan, pembagian tas noken ini untuk mengenalkan warisan budaya Papua kepada masyarakat dan anggota Gerakan Pramuka dari berbagai daerah yang hadir di Raimuna Nasional. Terlebih, Raimuna Nasional dihadiri Pramuka dari 34 Provinsi dan 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Kita ingin memamerkan bahwa inilah Papua dengan hasil karyanya, karena kita punya warisan budaya di tanah Papua,” ucap Idris yang juga Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Kwarda Papua.

Idris mengatakan, tas noken ini memiliki filosofi untuk menghimpun masyarakat Indonesia dari berbagai daerah ke dalam satu wadah yang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Masyarakat boleh berbeda-beda bahasa, suku dan agamanya, tapi tidak boleh terpecah-pecah.

“Tas ini sebagai wadah menghimpun. Biasanya orang Papua di sana ingin pergi ke kebun, isi bahan-bahan hasil kebun dalam noken. Dijadikan satu dalam tas noken. Jadi, kita warga negara bermacam-macam, kita jadikan satu dalam noken agar bangsa ini tetap utuh,” ungkapnya.

Selain itu, saat pembukaan Raimuna Nasional pada 14 Agustus 2017 tas noken akan diberikan kepada Presiden RI, Joko Widodo yang sudah mengkonfirmasi akan hadir dan membuka perkemahan besar tersebut. Raimuna Nasional juga dihadiri menteri Kabinet Kerja dan beberapa tokoh nasional, seperti Menko PMK, Menko Kemaritiman, Menag, Menkominfo, Menpora, KASAD, KASAL, dan lain-lain. (MSA/AK)