+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Jum'at, 22/09/2017
 LATEST TWEETS   

Ketua Kwarda Jateng: LT IV Bukan Mencari Menang atau Kalah

Foto: Dok. Humas Kwarda Jawa Tengah

Foto: Dok. Humas Kwarda Jawa Tengah

SEMARANG, PRAMUKA.OR.ID – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Tengah Kak Budi Prayitno menegaskan, Lomba Tingkat IV bukanlah semata untuk mencari menang atau kalah. Melainkan yang terpenting adalah menjunjung sportivitas dalam lomba untuk menjadi wakil Jawa Tengah.

Hal itu dia sampaikan saat membuka Lomba Tingkat (LT) IV Tahun 2017 di lapangan PUSKEPRAM Candrabirawa, Gunung Pati, Semarang, Senin (10/07).

“Kita bukan mencari pemenang atau juara untuk maju ke LT V di Jakarta. Akan tetapi kita mencari perwakilan Jawa Tengah yang paling pantas dikirim ke sana,” ungkapnya.

Lomba yang dilaksanakan tanggal 9-14 Juli ini diperuntukkan bagi Penggalang SMP/MTS se-Kwarda Jateng. Sebanyak 528 Pramuka Penggalang dari 33 Kwarcab se-Propinsi Jawa Tengah siap mengadu keterampilannya di bidang scouting skill, seni, story telling dan lain-lain.

Sementara itu, Ketua Panitia LT IV Jawa Tengah Kak Aditya Wisaksono menyampaikan, LT IV adalah program pembinaan kemandirian, keterampilan dan intelektual peserta didik.

“Ada dua Kwarcab yang belum berpartisipasi dalam kegiatan LT IV ini. Juara pada LT IV akan dibawa ke tingkat nasional,” jelasnya.

Lomba Tingkat IV ini mengambil tema “Tanggap, Tangguh, Terampil, Mandiri Berprestasi.” Kegiatan akan banyak dilaksanakan di alam terbuka dengan prinsip dasar metode kepramukaan. Seluruh kegiatan dari awal sampai akhir dilaksanakan oleh peserta secara mandiri, tanpa didampingi Pembina Pendamping (Bindamping).

Kak Maryono, Pemimpin Kontingen Kwarcab Purbalingga mengaku senang dengan kegiatan ini. Ia berharap LT IV tetap diadakan.

“Kegiatan ini harus dilaksanakan secara rutin sesuai jadwal yang sudah diatur. Untuk ke depannya LT lebih ditingkatkan lagi sehingga terbentuk karakter generasi muda yang mandiri sesuai cita-cita pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya. (HA/AGUS)