+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 23/04/2018
 LATEST TWEETS   

Kuatkan Organisasi, Kwarcab Kota Kupang Gelar Gladian Pinsat

 Kwarnas  21 Desember 2017  98 views
Foto: Dok. Humas Kwarcab Kota Kupang width=

Foto: Dok. Humas Kwarnas

KUPANG, PRAMUKA.OR.ID – Dalam rangka penguatan organisasi, Dewan Kerja Gerakan Pramuka Cabang Kota Kupang dan Sangga Kerja menyelenggarakan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan, Senin 18 Desember 2017. Kegiatan ini ditujukan bagi para pimpinan ambalan, pimpinan racana, pimpinan sangga atau reka Pramuka Penegak dan Pandega di lingkup wilayah Kwartir Cabang Kota Kupang.

Kegiatan yang mengusung tema Bina Satuan Wujudkan Pramuka Berkarakter ini digelar selama dua hari, tanggal 15-16 Desember 2017 di Pantai Wisata Lasiana Kota Kupang. Selain materi, peserta juga diajari praktik sehingga dapat langsung mengukur kemampuan mereka setelah menerima materi.

Sitem administrasi Gugus Depan, pelatihan pembuatan rilis pers dan pemanfaatan multimedia menjadi materi pokok dalam kegiatan ini. Selain untuk memperkuat organisasi, materi yang diberikan bertujuan untuk melatih peserta mempublikasikan kegiatan Pramuka dalam kemasan yang lebih menarik seiring perkembangan teknologi.

Sebanyak 32 peserta Penegak Pandega berpartisipasi dalam acara ini, terdiri dari 36 Gugus Depan. Hal ini membuktikan, sebagai anggota Pramuka, mereka wajib mendukung dan mempromosikan setiap kegiatan Gerakan Pramuka. Hasilnya, peserta berhasil membuat press release kegiatan Gladian Pimpinan Satuan sebanyak 32 versi dan 6 video yang mempromosikan Pantai Lasiana sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Kupang.

Irwan Sebleku, Ketua Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kota Kupang mengungkapkan, materi dalam kegiatan ini dihadirkan sebagai pemecah masalah yang sering terjadi dalam Pramuka Kota Kupang. Terlebih masih ada Dewan Ambalan atau Dewan Racana yang menandatagani surat. Menurutnya, hal ini tidak sesuai dengan petunjuk pelaksanaan sistem administrasi Gudep.

“Masalah lain adalah masih banyak kegiatan yang berakhir pada tahap dokumentasi saja. Tidak sampai pada level publikasi. Padahal kegiatan Pramuka kita selalu menarik dan relevan dengan perkembangan zaman,” ungkapnya. Publikasi kegiatan, lanjut dia, dapat mengubah paradigma masyarakat yang memandang Pramuka hanya tepuk tangan dan baris berbaris.

Sementara itu, Zsa-Zsa Maharani Syah, peserta dari Gugus Depan 003-004 SMA Negeri 3 Kota Kupang mengungkapkan, kegiatan Gladian Pinsat seru dan asyik karena bisa menambah wawasan. Menurunya, yang paling menarik adalah materi menulis press release.

“Setelah mendapatkan materi ini, keinginan saya adalah selalu giat menulis untuk mempublikasikan setiap kegiatan di Gugus Depan saya sendiri. Salah satu bonus kegiatan ini adalah, kami mendapatkan keluarga ketiga, selain keluarga di rumah dan di Gugus Depan.”

Gladian Pimpinan Satuan tahun 2017 merupakan rangkaian kegiatan besar Scout Week 2017. Ada beberapa kegiatan dalam acara ini, seperti Pesta Siaga, Lomba Tingkat Penggalang dan Bimtek Pengelolaan Gugus Depan bagi Pembina Gugus Depan. (IST/AK)

Desain: Tim Siber Pramuka

Desain: Tim Siber Pramuka