+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 19/08/2018
 LATEST TWEETS   

Kunjungi Gedung Kwarnas, ini Rangkaian Kegiatan Pimpinan Pramuka ASEAN

 Kwarnas  9 Agustus 2018  89 views

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Ketua ASARC (ASEAN Scout Association for Regional Cooperation) atau pimpinan Pramuka ASEAN Wendel E. Avisado berkunjung ke Indonesia selama tiga hari pada 7-9 Agustus 2018. Kedatangan Wendel tidak lain untuk menghadiri ulang tahun ASEAN pada 8 Agustus 2018 di Jakarta.

Wendel ditemani tiga orang yakni, Calon Ketua ASARC Mr. Antong Shahrudin Rahmat, Sekjen ASARC Dr. Mohd. Effendy Rajab, dan Wakil Sekjen 2 ASARC Mr. Rajalingam Ramasamy. Peringatan ulang tahun ASEAN dilaksanakan di Sekretariat ASEAN, Jl. Sisingamangaraja, Jakarta Selatan.

Selain Ketua Pramuka ASEAN, Wendel juga menjabat sebagai Ketua Pramuka Filipina atau National President of BSP (Boy Scout of the Philippines), sedangkan Antong saat ini menjabat sabagai Ketua Pramuka Singapura atau Chief Commissioner of SSA (Singapore Scout Association). Adapun Mr. Rajalingam merupakan Senior Leader of PPM (Persekutuan Pengakap Malaysia.

“Kedatangan mereka untuk memperingati ASEAN Day atau ulang tahun ASEAN, juga sekaligus silaturahmi dengan Kwarnas Gerakan Pramuka,” ujar Andalan Nasional Kwarnas Urusan Hubungan Luar Negeri, Kak Brata T. Hardjosubroto di Jakarta, Rabu (8/8/2018).

Setelah dari Sekretariat ASEAN, para pimpinan Pramuka ASEAN ini akan berkunjung ke Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, sekaligus mengunjungi sekretariat ASARC yang berada di area Gedung Kwarnas. Kak Brata berharap kunjungan ini bisa mempererat hubungan Indonesia dengan negara-negara ASEAN khususnya untuk pengembangan dan penguatan Pramuka ke depan.

“Karena sesuai dengan empat program yang dijalankan Ka Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, salah satunya adalah penguatan jaringan. Jadi harapannya kunjungan ini bisa berdampak positif dalam pengembangan Pramuka ke depan khususnya di tingkat ASEAN,” jelasnya.

Mereka juga akan meninju ruang kerja Kwarnas Gerakan Pramuka di masing-masing bidang. Salah satunya bidang Kominfo. Para Pimpinan Pramuka ASEAN akan melihat langsung ruang kerja Tim Siber Pramuka (TSP) yang dibentuk pada di era kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault.

“Alhamdulillah kita bersyukur memiliki Tim Siber, karena kinerja kita dalam mengelolaan konten di media sosial diakui paling aktif ditingkat Pramuka Asia Pasifik. Ini merupakan prestasi dari Pramuka Indonesia,” jelasnya.

Usai berkunjung ke Gedung Kwarnas Gerakan Pramuka, mereka akan diterima makan malam di rumah Kak Adhyaksa Dault. Baru keesokan harinya mereka pulang ke negara masing-masing. (HA/AK)