+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 19/10/2017
 LATEST TWEETS   

Kwarnas akan Kirim 135 Peserta ke Jambore ASEAN

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka akan mengirimkan 135 peserta untuk ikut dalam kegiatan Jambore ASEAN ke-6 atau 6th ASEAN Scout Jamboree 2017 yang berlangsung pada 27 November – 2 Desember 2017 di Energy Park, Tagum City, Davao del Norte, Filipina.

Andalan Nasional Kwarnas Urusan Hubungan Luar Negeri Kak Indo Reyano mengatakan, sebagai negara yang memiliki jumlah anggota terbanyak, Indonesia selalu mengirimkan Pramuka untuk ikut dalam kegiatan di skala global atau regional kawasan.

“Gerakan Pramuka hampir tidak pernah absen mengirim delegasi atau peserta untuk ikut kegiatan skala global atau regional. Ini karena Gerakan Pramuka punya potensi yang besar, bukan hanya kuntitas tapi kualitas,” ujarya saat dihubungi, Senin (25/9).

Menurutnya, keikutsertaan Gerakan Pramuka dalam even itu bukan sekadar untuk meramaikan suasana. Sebaliknya, Pramuka membawa pesan untuk mengharumkan Indonesia di mata dunia, khususnya berkaitan dengan kekayaan budaya bangsa.

“Pesan yang dibawa tentu banyak, kita selalu mengenalkan kepada negara-negara peserta tentang kekayaan budaya Indonesia dengan semangat perdamaian dan persaudaraan,” jelasnya.

Di luar itu, tandasnya, banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini. Di antaranya, peserta bisa melakukan interaksi dengan peserta dari negara lain. Ragam perbedaan dan latar belakang dari masing-masing negara akan menambah wawasan mereka untuk bisa saling mengenal.

“Lebih dari itu yang pasti pengalaman, banyak ilmu dan hal-hal baru yang mereka dapatkan saat berinteraksi dengan peserta dari negara lain. Saya rasa bukan hanya kita, negara lain juga punya rasa ingin tahu tentang Indonesia,” tuturnya.

Diketahui pendaftaran peserta Jambore ASEAN sudah resmi ditutup. Peserta adalah Pramuka Penggalang dan Penegak Putra-Putri usia antara 12 – 17 tahun. Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa ikut kegiatan ini adalah mampu berbahasa Inggris, memiliki Tanda Anggota Gerakan Pramuka, dan mampu membayar sendiri. (HA/AK)