+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 24/06/2018
 LATEST TWEETS   

Kwarnas Bakal Berikan Penghargaan Kwarda Tergiat, Apa Kriterianya?

 Kwarnas  11 Juni 2018  255 views

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2018 | Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan memberikan penghargaan kepada Kwartir Daerah (Kwarda) tergiat. Penghargaan ini akan diberikan di akhir masa bakti Kwarnas Gerakan Pramuka Periode 2013-2018 pada acara Musyawarah Nasional (Munas) akhir tahun 2018. Apa saja kriterianya?

“Kriteria-kriterianya sudah ditetapkan, ada aspek organisasi, kegiatan Binamuda, kegiatan Binawasa, Hubungan Luar Negeri dan aspek siber, dan ada juga bagaimana program strategis yang ditetapkan oleh Kwarnas yang direspons oleh Kwarda-Kwarda,” kata Kepala Puslitbangnas Gerakan Pramuka Wan Abbas, Minggu (10/6/2018).

Wan Abbas menuturkan, saat ini tim yang dibentuk oleh Kwarnas Gerakan Pramuka untuk menilai Kwarda tergiat sudah mulai bekerja dan sedang memasuki tahap menginventarisir data-data.

Kemudian data-data itu akan direkap. Pada akhirnya nanti akan diadakan sidang untuk penentuan Kwarda Gerakan Pramuka se-Indonesia mana yang dapat memperoleh penghargaan sebagai Kwarda tergiat.

Wan Abbas mengungkapkan, penilaian Kwarda tergiat juga mengacu pada Jukran yang sudah ada. “Kita juga melihat bagaimana program strategis Kwarnas dilaksanakan di daerah-daerah, termasuk bagaimana dinamika kegiatan siber di Kwarda-Kwarda. Itu kita nilai semua,” ucapnya.

Sebelumnya, Kwarnas Gerakan Pramuka sudah membuat dan mengirimkan surat edaran untuk para Ketua Kwarda Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia nomor 1297-00-B. Surat edarannya dapat dilihat melalui link ini: https://pramuka.or.id/edaran/penilaian-kwarda-tergiat/ .

“Di akhir masa bakti, Kwarnas akan memberikan penghargaan dan apresiasi berupa tunggul Kwartir Daerah Tergiat bagi Kwarda yang telah menunjukkan prestasi kerja dan konsistensi pelaksanaan program kerja dalam upaya pembinaan dan pengembangan kepramukaan, yang akan disampaikan pada pelaksanaan Munas 2018,” begitu bunyi isi surat edaran tersebut. (MSA/AK)