+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 24/07/2017
 LATEST TWEETS   

Mendikbud: Kemah Budaya Nasional Kental Kebinekaan

Foto: Husni/ Humas Kwarnas

Foto: Husni/ Humas Kwarnas

PALANGKARAYA, PRAMUKA.OR.ID – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Kak Muhadjir Effendi membuka Kegiatan Kemah Budaya Nasional (KBN) VIII di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe Palangkaraya, Kalimantan Tengah Senin Siang (17/7).

Dalam sambutannya, Mendikbud menekankan kepada seluruh peserta KBN untuk meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. Mengingat kemah ini diikuti Pramuka dari seluruh Indonesia dengan nilai budaya yang tinggi.

“Saya sangat senang mengunjungi Kota Palangkaraya, yang digadang-gadang sebagai calon Ibu Kota Pemerintahan Indonesia. Kita doakan semoga jadi kenyataan, dalam kesempatan ini pula, kembali saya ingatkan kepada seluruh peserta, bahwa kalian datang ke sini bukan untuk bersenang-senang, tetapi jadikan momentum Kemah Budaya Nasional sebagai modal untuk membangun dan meletakkan fodasai rasa kebinekaan,” ujarnya.

Ia menambahkan, rasa kebinekaan merupakan modal perekat persatuan. Untuk itu semua peserta KBN diharapkan dapat mengasah kemampuan di berbagai bidang, sebagai bekal menjadi calon pemimpin di masa datang dan garda terdepan untuk menentukan masa depan Indonesia.

“Siapa lagi yang bakal meneruskan cita-cita pemimpin, kalau bukan ada di pundak para pemuda. Memang kegiatan ini kecil, tetapi manfaatnya sangat besar. Dari kegiatan inilah satu sama lainnya dapat saling kenal antardaerah, selanjutnya dapat dijadikan partner menuju sukses,” pungkasnya.

Diketahui KBN dilaksanakan pada 16 – 22 juli 2017. Kegiatan ini diikuti 1000 peserta dari 34 provinsi, terdiri atas 1 regu putra 1 putri, serta 20 perwakilan NSO Vietnam. Kemah ini mengambil tema “Harmoni dalam Kebinekaan di Bumi Tambun Bungai.” (HA/AGUS)