+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 18/02/2018
 LATEST TWEETS   

Mensos Kak Idrus Marham Kaget Pramuka Tak Dikasih Anggaran

 Kwarnas  14 Februari 2018  479 views
Mensos Kak Idrus Marham saat menerima audiensi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Mensos Kak Idrus Marham saat menerima audiensi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault di Kantor Kemensos, Salemba, Jakarta Pusat. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Menteri Sosial Idrus Marham mengaku kaget jika beberapa tahun ini Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka tidak mendapatkan anggaran dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Padahal, sebagai organisasi pendidikan yang dijamin UU, semestinya Gerakan Pramuka mendapatkan haknya.

“Saya baru tahu dan terus terang kaget, kalau Kwarnas Gerakan Pramuka tidak mendapatkan anggaran. Ini sama saja pelanggaran hak asasi manusia,” kata Kak Idrus saat menerima kunjungan jajaran pengurus Kwarnas Gerakan Pramuka di kantornya, Selasa (13/2).

Apa pun alasannya, Kak Idrus memandang anggaran untuk Gerakan Pramuka harus diprioritaskan. Sebab, tidak bisa dinafikan bahwa peran Pramuka begitu besar dalam hal pemberdayaan masyarakat. Khususnya konsistensinya untuk terus mencetak generasi muda bangsa yang tangguh dan berkarakter.

“Suka tidak suka, faktanya Pramuka itu sangat penting dan dibutuhkan oleh negara. Pemberdayaan masyarakat itu bisa dilakukan di mana saja, tapi selama ini yang konsisten dari awal kan salah satunya Pramuka. Tugasnya saya kira jelas mencetak tunas-tunas muda yang tangguh,” terangnya.

Karenanya, sebagai bagian dari pemerintah pihaknya ingin agar Pramuka betul-betul diperhatikan. Ia berjanji akan menyampaikan persoalan ini kepada Presiden Joko Widodo sehingga peran penting Gerakan Pramuka diperkuat lagi. Ia mengungkapkan, selama ini pihaknya rutin melakukan kerja sama dengan Satgas Pramuka Peduli dalam penanganan bencana.

“Cara berpikir kita tidak boleh sepotong-potong atau setengah-setengah. Kita harus melihat Pramuka secara utuh, dalam arti seluruh aspek kegiatannya bisa dirasakan manfaatnya di masyarakat. Kita percaya itu makanya kerja sama itu perlu dilakukan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa mengaku tetap bersyukur, meski anggaran Kwarnas sangat minim. Menurutnya, tidak ada satu pun kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka yang tidak jalan. Bahkan kegiatan besar dalam dua tahun terakhir bisa berjalan sukses, seperti Jambore Nasional, Raimuna Nasional, dan Lomba Tingkat V. Bahkan Kwarnas juga bisa mengirimkan bantuan untuk korban bencana di daerah-daerah dan luar negeri.

“Alhamdulillah kegiatan kita tetap jalan, terakhir kemarin 15.000 orang kita hadirkan ke Cibubur, untuk Raimuna, terus LT-V. Abdimasgana kita juga tetap jalan bantuan kemanusiaan selalu kita kirim, di Gunung Agung, Bali, Yogyakarta, Jakarta, Bogor, dan juga kita kirim ke Myanmar, Bangladesh untuk Muslim Rohingya. Sekarang kita lagi kirim bantuan ke Yordania untuk pengungsi Palestina,” jelasnya.

Kak Idrus salut dengan apa yang sudah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka di tengah minimnya anggaran itu. “Saya tahu meski tidak ada dana, Pramuka masih bisa tetap jalan. Tapi persoalan bukan itu. Bisa atau tidak bisa, anggaran harus tetap diberikan karena itu amanah UU. Ini merupakan bentuk pengakuan pemerintah. Saya kira itu,” kata Idrus.

Selain Kak Adhyaksa, pertemuan dengan Idrus juga dihadiri Sesjen Kwarnas Kak Rafly Effendi, Waka Kwarnas Bidang BUMGP Kak Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Bidang Binawasa Kak Susi Yuliati, Waka Kwarnas Bidang LH dan Kesakaan Kak Abdul Shobur, Waka Kwarnas Bidang Orgakum Kak Kodrat Pramudho, dan Waka Kwarnas Bidang Renbangma Kak Marbawi. (HA/AK)