+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Selasa, 22/05/2018
 LATEST TWEETS   

Minim Anggaran, Pramuka Tetap Bantu Tangani Bencana

 Kwarnas  13 Februari 2018  89 views
Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Wakil Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Herindra memastikan, kegiatan Satgas Pramuka Peduli untuk membantu penanganan bencana tetap berjalan, meskipun anggaran di Kwarnas sangat minim karena tidak adanya bantuan dari pemerintah.

“Jadi gini, memang tahun lalu kita tidak ada anggaran untuk Abdimasgana. Tapi alhamdulillah berkat kerja keras Andalan Nasional, kita bisa menghimpun dana dari masyarakat untuk program kemanusiaan,” ujar Kak Herindra di Gedung Kwarnas, Jakarta Pusat, Selasa (13/2).

Dana yang dimaksudkan datang dari aksi Bumbung Kemanusiaan yang dilakukan Pramuka di sejumlah daerah. Dana tersebut digunakan untuk membantu penanganan bencana di tiga tempat yaitu, di Rohingya, Myanmar, bencana Gunung Agung di Bali, dan Gunung Sinabung. “Jadi kita gunakan semua untuk penanganan bencana yang juga melibatkan Pramuka di daerah,” jelasnya.

Kak Herindra berharap, tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran untuk mendukung kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka. Namun demikian, seandainya tidak ada dana sekali pun, Kak Herindra menegaskan, Gerakan Pramuka akan tetap turun membantu penanganan bencana masyarakat baik diminta maupun tidak diminta.

“Prinsipnya kita akan selalu turun ke masyarakat membantu penanganan bencana baik diminta atau tidak diminta. Jadi kalau pun memang tidak ada dana, kita tetap jalan karena tenaga kita cukup banyak untuk membantu mereka,” jelasnya.

Penanganan bencana yang dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka yakni dengan membantu evakuasi para korban, lalu pemberian alat pengaman diri (APD) kepada anggota Satgas Pramuka Peduli di daerah. Kwarnas Gerakan Pramuka juga mendistribusikan bantuan berupa sembako, makanan, dan minuman.

Saat ini Andalan Nasional Kwarnas Urusan Abdimasgana Kak Eko Sulistio tengah berada di Yordania untuk melakukan misi kemanusiaan mendistribusikan bantuan untuk para pengungsi warga Palestina, dan Suriah di Yordania. Dalam satu bulan terakhir Kak Eko sudah kali kedua berangkat ke Yordania. Minggu kemarin ia sempat pulang ke Tanah Air untuk membantu bencana banjir Jakarta. (HA/AK)