+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Minggu, 24/06/2018
 LATEST TWEETS   

Munas Gerakan Pramuka Diharapkan Gunakan Sistem Musyawarah Mufakat

 Kwarnas  9 Juni 2018  178 views

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Kelompok Kerja (Pokja) yang dibentuk Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sudah memasuki tahap finishing. Rencananya, setelah Agustus 2018 seluruh Pokja sudah bisa dijalankan dan disebar ke seluruh daerah. Beberapa di antaranya ada Pokja AD/ART, Renstra, dan juga Pembangunan Jangka Panjang.

Ketua Pokja AD/ART Kak Kodrat Pramudho mengatakan, salah satu pembahasan yang menarik dalam Pokja ini adalah, pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka diharapkan berlangsung secara musyawarah mufakat, bukan dengan cara voting.

“Berbeapa poin yang dibahas, kita harapkan Munas yang akan datang berlangsung secara musyawarah mufakat,” ujar Kak Kodrat Pramudho di Jakarta, Sabtu (9/6/2018).

Menurutnya, musyawarah mufakat menjadi pilihan yang baik dalam setiap penyelenggaraan Munas atau Musda Gerakan Pramuka. Sebab, cara seperti itu sesuai dengan Dasa Darma. “Pramuka itu berbeda dengan organisasi lain. Di Pramuka sejatinya lebih mengedepankan musyawarah untuk mufakat dalam mencapai tujuan,” jelasnya.

Pokja ini dibentuk untuk mempersiapkan materi Munas Gerakan Pramuka. Menurutnya, materi Munas harus disiapkan dari sekarang. Hasil Pokja akan dibawa ke Munas sebagai bahan untuk didiskusikan secara bersama. Munas Gerakan Pramuka tahun ini akan dilaksanakan di Kendari Sulawesi Tenggara pada bulan November. (HA/AK)