+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Senin, 23/04/2018
 LATEST TWEETS   

Perjuangan Relawan Pramuka Distribusikan Bantuan kepada Pengungsi Palestina

 Kwarnas  29 Januari 2018  233 views
Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan untuk para pengungsi Suriah dan Palestina yang berada di Yordania. | Foto: Dok. Humas Kwarnas

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Kak Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan untuk para pengungsi Suriah dan Palestina yang berada di Yordania. | Foto: Dok. Humas Kwarnas

YORDANIA, PRAMUKA.OR.ID – Tidak mudah menembus lokasi pengungsian Palestina. Di samping harus menghadapi masalah keamanan di suatu wilayah, relawan juga harus melawan suhu dingin yang kadang kala mencapai nol derajat celsius. Namun, relawan Pramuka ini berhasil melampaui itu dan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina di kamp-kamp pengungsian.

“Pendistribusian bantuan kepada para pengungsi Palestina di kamp-kamp pengungsian SUF di Provinsi Jerash, Yordania sebagai pendistribusian ketiga dalam rangka program musim dingin 2018, akhirnya tersalurkan walaupun dalam kondisi cuaca buruk atau dingin dan hujan,” ujar Kak Eko Sulistio, relawan Pramuka yang saat ini masih berada di Yordania, Senin (29/1/2018).

Bantuan yang diberikan adalah 62 paket perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, buku-buku, pulpen, pensil, penghapus, alat lukis, buku gambar, tempat pensil, dan lain-lain. Ada pula 100 paket makanan (mie instan, biskuit dan cokelat) untuk lebih dari 100 keluarga, 1000 bungkus roti, dan kupluk atau balakklava penahan dingin. Bantuan diberikan kepada anak-anak yatim piatu, duafa serta pengungsi lainnya.

Kak Eko mengatakan, pendistribusian bantuan dilakukannya pada 24-25 Januari 2018 bersama rekan-rekan dari Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Yordania (HPMI). Mereka juga dibantu oleh KBRI Amman Yordania.

“Bantuan kemanusiaan ini atas berkat fasilitasi dan support KBRI. Dalam hal ini akses-akses lokasi, faktor keamanan dan lembaga-lembaga yang biasa bekerja sama dengan KBRI di Yordania agar barang-barang bantuan dapat diterima tepat sasaran,” paparnya melalui alat telekomunikasi.

Kak Eko menambahkan, saat mendistribusikan bantuan, pihaknya sempat terkendala cuaca. Awalnya, bantuan didistribusikan di lapangan terbuka, tetapi karena kondisi hujan dan cuaca dingin ekstrem akhirnya pembagian dilaksanakan di ruangan kelas.

Menurut Kak Eko kebijakan Presiden Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa secara tidak langsung menambah kesengsaraan yang dihadapi rakyat Palestina. “Kebijakan Donald Trump dan beberapa negara Eropa yang menghentikan bantuan kepada rakyat Palestina menambah kesengsaraan saudara kita di Palestina,” jelasnya.

“Banyak larangan-larangan dalam proses pendokumentasian, terutama di daerah-daerah perbatasan. Ini disampaikan oleh pihak-pihak Keamanan, baik Polisi ataupun Tentara perbatasan,” akui Kak Eko.

Sebelum ini, Kak Eko sudah dua kali membagikan bantuan. Pertama, bantuan disalurkan kepada para pengungsi Suriah di kamp-kamp Albayt, Provinsi Mafraq, Yordania pada 16-17 Januari 2018. Di sana, Eko memberikan bantuan kepada 200 kepala keluarga.

Kedua, distribusi bantuan beralih ke daerah Almasrouf, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Suriah. Wilayah perbatasan hanya berjarak 5 km atau 10 menit bila ditempuh dengan berjalan kaki. Di sana, Kak Eko memberikan bantuan kepada 100 kepala keluarga pengungsi Suriah.

Kak Eko Sulistio bertolak ke Palestina pada 9 Januari 2018. Kegiatan ini dalam rangka misi kemanusiaan Pramuka untuk Palestina dan Suriah dalam Program Musim Dingin 2018. (MSA/AK)