+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 15/11/2018
 LATEST TWEETS   

Pertemuan Pramuka Peduli Usulkan Kemah Bakti di Lombok

 Kwarnas  9 September 2018  85 views

Pertemuan Pramuka Peduli Tingkat Nasional di Lanud Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, 7-9 September 2018 | Foto: Dok. Humas Kwarnas

BOGOR, PRAMUKA.OR.ID – Pertemuan Pramuka Peduli Tingkat Nasional di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor merekomendasikan waktu diadakannya Kemah Bakti di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam waktu dekat, menyusul bencana gempa bumi di daerah tersebut. Hal ini juga dilakukan agar ada gerakan nasional dalam hal penanganan bencana.

“Ya tadi dari hasil diskusi kelompok kita ada rekomendasi untuk mengadakan Kemah Bakti di Lombok. Ini dilakukan agar tidak ada kesan kita bergerak sendiri-sendiri. Penanganan bencana memang harus jadi gerakan nasional,” ujar Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Abdimasgana, Kak Kurnia Bakti, di Bogor, Sabtu (8/9).

Dia menjelaskan, Kemah Bakti tersebut bisa dilaksanakan secara bertahap, tidak dalam satu waktu. Misalnya pada minggu pertama yang datang ke lokasi dari dua atau tiga Kwarda. Selebihnya bergantian dengan Kwarda lain dengan agenda yang sudah tersusun.

“Jadi memang target dan sasarannya harus jelas dulu. Kita di sana mau ngapain. Misalnya kita fokus buat bangun sekolah, atau membantu memperbaiki fasilitas umum. Pekerjaan ini memang tidak bisa dilakukan satu minggu. Makanya Kemah Bakti diadakan bertahap tapi bersifat nasional,” jelasnya.

Peserta Pertemuan Pramuka Peduli berharap besar kemah ini bisa terlaksana. Kak Kurnia mengatakan, rekomendasi ini akan disampaikan dalam forum Munas Gerakan Pramuka di Kendari, Sulawesi Tenggara pada akhir bulan ini. “Nanti usulan ini akan dibawa ke Munas. Kita harap bisa terlaksana,” tuturnya.

Meski memerlukan waktu lama, Kak Kurnia menilai Kemah Bakti belum terlambat. Sebab, proses pemulihan bencana gempa bumi memang tidak sebentar. Banyak hal yang bisa dilakukan Pramuka untuk membantu masyarakat dalam proses pemulihan itu. Terlebih gempa masih kerap terjadi. (HA/AK)