+6221-3507645 faq sitemap contact
Breaking News
Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Wujudkan Pramuka sebagai Pelaku Perubahan untuk Membangun Bangsa yang Bermartabat.
Kamis, 19/10/2017
 LATEST TWEETS   

#LTVPramuka2017
Peserta LT-V Gerakan Pramuka Berlomba Bikin Obat Tradisional

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA, PRAMUKA.OR.ID – Banyak hal menarik di Lomba Tingkat V (LT-V) yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka pada 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. Tidak hanya kekuatan fisik, peserta lomba juga dituntut memaksimalkan pikiran dan kreativitas.

Salah satunya adalah lomba meramu obat tradisional. Dalam lomba ini, masing-masing regu diminta membuat ramuan tradisional dari bahan-bahan alami, baik tumbuh-tumbuhan maupun buah-buahan. Ramuan itu difungsikan sebagai obat penyakit ringan seperti demam, flu, pilek, luka bakar, dan lain-lain.

“LT-V tahun ini kita adakan lomba membuat obat tradisional yang bahanya diambil dari tanaman atau buah-buahan untuk menyembuhkan penyakit ringan,” ujar Wakil Ketua Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum, Kak Kodrat Pramudho, di Jakarta, Selasa (10/10).

Kak Kodrat menjelaskan, semua regu bebas membawa bahan dari daerah masing-masing. Yang pasti, tegas dia, jenis bahannya harus tradisional dan bukan bahan hewani. Dalam lomba ini akan dinilai dari bahan-bahan bakunya, tingkat kesulitan proses pembutanya, keunikan, serta khasiatnya.

“Misalnya kalau ada yang bawa bahan atau jenis tanaman langka dan khas dari daerah tersebut, atau dia menciptakan resep baru, maka itu menjadi nilai tambah,” jelasnya.

Nantinya, penjurian akan dilakukan oleh orang yang memiliki kemampuan di bidang farmasi. Kak Kodrat menegaskan, sistem pembuatan obat juga harus dilakukan secara tradisional, tidak diperbolehkan dibantu unsur teknologi.

Diketahui, LT-V adalah salah satu kegiatan paling bergengsi yang diselenggarakan Kwarnas Gerakan Pramuka. Peserta yang bisa mengikuti lomba ini adalah Regu Penggalang (usia 11-15 tahun) yang menjuarai LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat kecamatan), LT-III (tingkat kota/kabupaten), dan LT-IV (tingkat provinsi).

Kegiatan yang mengusung tema “Persaudaraan, Mandiri, Prestasi” ini akan diselenggarakan pada 22 – 28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah “Piala Dunianya” Pramuka.

LT-V 2017 diikuti regu Pramuka Penggalang terbaik dari setiap Kwarda Gerakan Pramuka seluruh Indonesia. Mereka adalah para pemenang atau regu berprestasi tinggi dari LT-IV yang diadakan masing-masing Kwarda. Setiap Kwarda mengirimkan regu Putra dan Putri dengan delapan anggota masing-masing regu. (HA/AK)